0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sudah Meninggal tapi Masuk DP4

Koordinator Divisi Pengawasan Dan Hubungan Antar Lembaga, Bawaslu Jateng, Teguh Purnomo (dok.timlo.net/agung)

Sragen – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Tengah (Jateng) menemukan ratusan orang yang sudah meninggal selama 5 hingga 6 tahun masih terdaftar dalam Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) Jateng.

Berdasarkan hasil sementara pemutakhiran data pemilih (Mutarlih) di beberapa kabupaten di Jateng menyebutkan ratusan orang yang sudah meninggal selama 5 hingga 6 tahun masih terdaftar dalam DP4. Kondisi itu dinilai wajar karena masih menggunakan data pemilu yang lalu. Bawaslu juga menemukan belum dimasukkannya daftar pemilih baru yang berasal dari pensiunan TNI, pensiunan Polri, warga yang sudah menikah dan sudah berusia 17 tahun.

“Kami menemukan orang yang sudah meninggal masih terdaftar dalam DP4. Di sisi lain kami tidak melihat adanya pemilih baru yang berasal dari pensiunan TNI dan Polri, orang sudah menikah serta telah berusia 17 tahun masuk dalam daftar,” kata Koordinator Divisi Pengawasan Dan Hubungan Antar Lembaga, Bakorwil II, Bawaslu Jateng, Teguh Purnomo, Selasa (22/1) di Kantor Panwaslu Kabupaten Sragen.

Teguh mengungkapkan tujuan kedatangan di Panwaslu Sragen adalah untuk memantau tahapan pemilu yang dilakukan dari tingkat PPL (Pengawas Pemilu Lapangan), Panwascam dan Panwaslu. Yaitu pencocokan dan penelitian (Coklit) DP4. Teguh menekankan agar seluruh Panwaslu mengawasi proses Coklit DP4 agar semua berjalan sesuai aturan.

“Kami menginstruksikan Panwaslu mengawasi Coklit. Apakah proses penyelenggaraan Pemilu sudah sesuai aturan,” tegas Teguh.

Sementara itu Ketua Panwaslu Kabupaten Sragen Slamet Basuki, mengungkapkan,  pemutakhiran data sementara menemukan, sebanyak 51 orang yang sudah meninggal masuk dalam DP4 di salah satu kecamatan di Sragen. Slamet berkeyakinan jumlah itu akan terus bertambah, karena masih banyak kecamatan yang belum memberikan laporan.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge