0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Dia, Posyandu Khusus Simbah-Simbah

Posyandu Lansia (dok.timlo.net/agung)

Sragen — Ternyata tidak hanya bayi di bawah lima tahun (Balita) saja yang membutuhkan Posyandu. Tetapi para kaum lanjut usia (Lansia) juga membutuhkannya. Seperti yang terjadi di Kecamatan Gondang, Sragen, tepatnya di Dukuh Grasak terdapat Posyandu yang dikhususkan untuk kaum Lansia.

Di sana terpampang papan nama bertuliskan ‘Posyandu Lansia Langgeng Sentosa’. Posyandu ini didirikan sebagai bentuk perhatian terhadap para lansia. Posyandu ini juga bukan pertama kalinya di Kecamatan Gondang, karena sebelumnya di Desa Srimulyo juga didirikan Posyandu.

Ketua RW XI, Bambang W Purwanto, mengatakan, pemberdayaan Posyandu lansia ini sebelumnya sempat berhenti selama beberapa tahun. Tetapin sekarang dicoba untuk dihidupkan kembali untuk lebih mendekatkan pelayanan kepada para lansia dikampungnya yang jumlahnya cukup banyak, yaitu sekitar 150 orang.

Seperti layaknya Balita, menurut Bambang, setiap tanggal 20 di Posyandu akan dilayani pemeriksaan kesehatan, pemberian asupan gizi dan pemberian makanan tambahan bagi lansia. “Ini adalah bagian dari upaya kita untuk mengingatkan arti berbakti kepada orangtua kita yang susah payah membesarkan kita. Sehingga sudah semestinya harus kita rawat dengan baik,” kata Bambang dalam acara launching Posyandu Lansia Langgeng Sentosa, Senin (21/1).

Dalam launching dan pelayanan pertama tersebut, terlihat puluhan pria dan wanita lansia  duduk rapi mengantri jadwal pemeriksaan. Beberapa diantaranya harus dipapah, memakai krek penopang dan tongkat. Salah satu lansia, Waginem (65) mengaku senang dengan adanya Posyandu lansia di desanya.

“Senang sekali Mas. Di sini apa-apa ada, jadi tidak usah jauh-jauh periksa,” ujarnya.

Tercatat tak kurang dari 150 lansia anggota posyandu dari wilayah RW XI datang pada launching pelayanan perdana kemarin. Masing-masing diperiksa, mulai dari di timbang berat badan, tinggi badan, mengecek tensi darah, hingga diberikan obat yang dibutuhkan sesuai kondisi kesehatan.

Kabid promosi Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sragen, Fany Fandani, mengatakan posyandu lansia memang penting sebagai sarana untuk mendeteksi dini penyakit pada lansia. Selain menangani gangguan kesehatan, pengecekan dini itu juga untuk mengupayakan penanganan cepat apabila membutuhkan perawatan lebih. Di Sragen ada 447 posyandu lansia yang tersebar di 20 kecamatan.

“Semua obat-obatan gratis disuplay dari puskesmas,” terang Fanny.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge