0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Produk Mebel Solo Siap Mejeng di Jakarta

Produk Kerajinan Rotan (Dok. Timlo.net/ Sahid)

Solo —  Sejumlah produk mebel dan kerajinan garapan perajin Kota Solo tak lama lagi bakal kembali mejeng di Jakarta dalam acara pameran akbar bertajuk International Furniture and Craft Fair Indonesia (Iffina) 2013.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, pemerintah Kota Solo melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) setempat pun nantinya akan memfasilitasi keikutsertaan para pelaku usaha mebel dalam event tahunan tersebut.

Hanya saja tidak semua pelaku usaha bisa difasilitasi, namun diutamakan perajin yang telah mengantongi legalitas usaha. Rencananya, menurut Kepala Seksi Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Kota Solo, Chorina, pihak dinas akan melakukan proses pendataan terlebih dulu.

Selanjutnya dilakukan seleksi kepesertaan berdasarkan legalitas usaha. Sebagai tahap akhir, Disperindag nantinya juga akan melakukan survei bagi calon peserta.

“Kami ingin nantinya peserta tidak hanya dari furnitur saja, tapi juga handicraft. Harapannya dengan pameran ini peserta bisa dapat buyer (pembeli-red) untuk mendongkrak ekspor,” kata Chorina, saat ditemui wartawan di kantor setempat, Selasa (22/1).

Terpisah, Ketua Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia (Asmindo) Solo, David R Wijaya, mengaku pihak asosiasi jauh-jauh hari telah melakukan persiapan terkait keikutsertaan dalam Iffina. Sejumlah anggotapun telah siap, tinggal menunggu waktu pelaksanaan saja.

Iffina yang merupakan pameran bergengsi internasional itu rencananya bakal dihelat di Jakarta International Expo, 11 hingga 13 Maret 2013 mendatang. Perhelatan akbar produsen mebel Tanah Air ini diharapkan mampu mendongkrak penjualan, sekaligus memperbesar pasar ekspor kerajinan Indonesia.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge