0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bupati Rina Ancam Kades yang Main Politik

Bupati Karanganyar Rina Iriani melantik sejumlah kepala desa, Selasa (22/1) (dok.timlo.net/nanang rahardian)

Karanganyar — Bupati Karanganyar Rina Iriani meminta kepala desa (Kades) bersikap netral dalam seluruh ajang pemilihan umum. Jika terbukti ikut main politik, kades akan dijatuhi sanksi tegas.

Hal ini diungkapkan Bupati Rina saat melantik dan mengambil sumpah sebanyak 55 Kades periode 2013-2019, di pendapa rumah dinas bupati, Selasa (22/1). “Nanti berurutan pada pertengahan tahun ini mulai dari Pilgub, pilihan bupati sampai Pileg dan Pilpres. Kades harus ikut menyukseskan dan menjaga netralitas,” tandasnya.

Menurut Rina, netralitas seluruh perangkat desa termasuk Kades merupakan harga mati. Keberpihakan pada partai politik (Parpol) akan menjadi bumerang dan membuat situasi desa menjadi tidak kondusif. “Setelah dilantik ini ada pembinaan khusus untuk netralitas perangkat desa. Aturan larangan sudah jelas berikut sanksi,” tegasnya.

Rina menilai, setiap pertarungan pilihan apapun, kalang menang merupakan hal yang biasa. Untuk yang menang jangan jumawa dan bisa merangkul semua elemen, sedangkan yang kalah harus legawa.

Pada bagian lain, Bupati juga meminta Kades yang baru saja memenangkan Pilkades untuk menjaga kondusivitas masing-masing desa. Seluruh potensi yang ada di desa harus dirangkul untuk membangun desa.

“Kades harus merangkul semua elemen termasuk calon yang kalah. Semua harus bahu membahu demi menjaga kondusivitas desa dan kelancaran pembangunan,” jelasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge