0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jumlah Pengisi PDSS Hanya 42,45 %

Ribuan Siswa Terancam Tak Bisa Daftar SNMPTN 2013

Tunjung Sutirto, Humas SBMPTN 2013 UNS Solo (tengah) (Dok.Timlo.net/ Niza Novita)

Solo — Dari 2716 sekolah tingkat SMA/MA/SMK di Provinsi Jawa Tengah, yang mengisi data pada Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) untuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013, hingga Senin (21/1) hanya berjumlah 42,45 persen.

Prosentase tersebut menunjukkan minimnya pendaftar yang melakukan pengisian data pada PDSS, jika dibandingkan dengan jumlah sekolah yang ada di Provinsi Jawa Tengah. “Jumlah sekolah di Jateng ada 2716, tapi yang sudah mengisi PDSS hanya 1153. Sisanya 1.563 sekolah atau sekitar 58,55 persen belum masuk dalam PDSS,” kata Ketua Panitia Lokal 44  UNS, Prof Dr Sutarno MSc PhD.

Mengingat kondisi tersebut pihaknya mendesak agar ribuan sekolah yang belum melakukan input data PDSS agar segera melakukan. Pasalnya jika sampai tanggal 8 Febuari mendatang, sekolah belum melakukan proses input, secara otomatis siswanya tidak bisa mengikuti SNMPTN 2013.

Mengenai minimnya sekolah yang melakukan pendataan PDSS, Sutarno menduga hal tersebut dikarenakan sistem pendaftaran SNMPTN yang baru, sehingga pihak sekolah belum mengetahui bagaimana mekanismenya.

Meski demikian, pihaknya telah melakukan sosialisasi  ke seluruh sekolah. “Persoalannya belum banyak yang memahami pentingnya memasukkan data siswa ke PDSS,” ujar pria yang juga menjabat sebagai Pembantu Rektor I UNS.

Pendaftaran SNMPTN 2013 bakal dimulai pada 1 Febuari. Dirinya menegaskan, jika sampai pada batas waktunya sekolah terlambat atau belum memasukkan data dan siswa tidak bisa mendaftran ke SNMPTN 2013, maka pihaknya tidak mau disalahkan.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge