0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dinilai Ilegal, Koperasi Beraset Rp 200 Juta Dihentikan

PENERTIBAN KOPERASI-Pegawai Dinas Koperasi dan UMKM Kota Solo melakukan penertiban koperasi dengan menempelkan stiker (Dok. Timlo.net/Andi Penowo)

Solo —  Dinas Koperasi (Dinkop) dan UMKM Kota Solo kembali ‘menyemprit’ alias memperingatkan koperasi ilegal yang nekat beroperasi tanpa badan hukum yang jelas.

Salah satu koperasi yang terkena semprit, yakni Baitul Maal Wa Tamwil Koperasi Jasa Keuangan Syariah (BMT KJKS) Mitra Niaga Solo Peduli yang berlokasi di kawasan Sekarpace, Jebres. Kepala Bidang Koperasi Dinas Koperasi dan UMKM Kota Solo, Didik Adi Putranto, mengatakan pihaknya terpaksa harus menghentikan operasional koperasi beraset Rp 200 juta tersebut lantaran belum berbadan hukum.

“Kami memberi peringatan bahwa dia (BMT KJKS Mitra Niaga Solo Peduli) operasionalnya seperti koperasi, tapi belum berbadan hukum, sehingga ini melanggar ketentuan,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (22/1).

Langkah penghentian operasional ini dirasa perlu sebab jika tidak, dikhawatirkan akan merugikan masyarakat, khususnya anggota. Sebagai lembaga yang bergerak di sektor jasa simpan-pinjam, pendirian koperasi wajib mengantongi Surat Keputusan (SK) badan hukum dari penyelenggara pemerintahan setempat.

Didik pun mempersilakan pengurus untuk menyiapkan administrasi perizinan dan berjanji akan mengawal proses pendirian koperasi.

Sementara itu, Manajer BMT KJKS Mitra Niaga Solo Peduli, Ahmad Antoni, mengatakan dirinya menerima kebijakan penghentian sementara operasional koperasi yang dilakukan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Solo.

“Kami siap mengikuti segala prosedur dari dinas. Pada prinsipnya kami akan memperbarui prosedur perizinan dari nol,” katanya.

Operasional BMT KJKS Mitra Niaga Solo Peduli sendiri sudah berlangsung selama lebih dari dua bulan, yakni sejak November 2012. Sejauh ini koperasi tersebut sudah berhasil menghimpun 35 anggota dari internal Solo Peduli.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge