0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tolak PP, Ribuan Petani Tembakau Klaten Turun ke Jalan

Petani tembakau Klaten rame-rame turun ke jalan menolak PP No 109 Tahun 2012 (dok.timlo.net/indratno eprilianto)

Klaten — Ribuan petani tembakau yang tergabung dalam Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Klaten, Selasa (22/1) siang, melakukan aksi turun ke jalan menolak keras Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 109 Tahun 2012 tentang Pertembakauan yang dinilai merugikan petani.

Dengan berbagai atribut dan spanduk massa terus meneriakkan yel-yel mengecam pemerintah. Selain membawa spanduk, massa juga membawa pohon tembakau, linting rokok raksasa serta keranda mayat sebagai simbol telah matinya hati nurani para penguasa.

Massa yang datang dengan menggunakan mobil dan juga sepeda motor ini terus merangsek hingga memasuki Kantor Pemkab Klaten. Disana ratusan petugas keamanan dari Polres Klaten disiagakan guna mengamankan aksi unjuk rasa.

Dalam orasinya, massa mengecam pemerintah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang dianggap lebih melindungi kepentingan asing dari pada kepentingan rakyat, yakni dengan terbitnya PP 109 Tahun 2012 tentang Pertembakauan.

Massa mengancam akan melakukan mogok membayar pajak apabila pemerintah tidak mencabut kembali PP Nomor 109 Tahun 2012. Menurut mereka, dengan adanya PP itu petani merasa dirugikan.

“Dengan diterbitkannya PP tersebut berarti penguasa berniat ingin melindungi kepentingan asing dan memperhangus terhadap petani tembakau secara sitematis,” ujar Ketua APTI Klaten, Kadarwati.

Dalam kesempatan itu Bupati Klaten Sunarno didampingi Ketua DPRD Klaten Agus Riyanto serta anggota dewan lainnya berjanji akan menyampaikan semua aspirasi petani ke pemerintah pusat.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge