0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kesepian Bisa Timbulkan Penyakit Berbahaya, Lho!

Timlo.net — Kesepian ternyata tidak hanya membuat kita galau—tapi bisa mempengaruhi kesehatan seseorang. Demikianlah hasil sebuah penelitian.

Penelitian ini melibatkan 200 orang yang sembuh dari kanker payudara, rata-rata berusia 51 tahun, dibandingkan dengan peserta lain yang memiliki lebih banyak koneksi sosial. Mereka yang merasa kesepian menderita lebih banyak radang karena stress, dan terkena virus herpes yang menandakan sistem imunitas yang lemah.

Peradangan kronis dihubungkan dengan beberapa penyakit berbahaya termasuk penyakit jantung, diabetes tipe 2, arthritis dan penyakit Alzheimer juga penurunan fisik dan mental yang berkaitan dengan usia.

Para peneliti juga mencatat bahwa adanya virus  herpes dihubungkan dengan stress dan bahwa kesepian menjadi sebuah sumber kronis dari stress yang memicu respon kekebalan tubuh yang lemah.

Penelitian ini dipresentasikan pada hari Sabtu (19/1) dalam pertemuan tahunan Society for Personality and Social Psychology di New Orleans, Amerika Serikat (AS). Kesimpulan dan data dari penelitian ini yang dipresentasikan dalam pertemuan medis harus dilihat sebagai penelitian pendahuluan sebelum dipublikasikan dalam jurnal, demikian dilansir dari Health US News.

“Jelas bahwa dari penelitian sebelumnya bahwa hubungan berkualitas buruk dihubungkan dengan sejumlah masalah kesehatan, termasuk kematian dini dan segala kondisi kesehatan yang sangat serius. Orang-orang yang kesepian jelas-jelas merasa bahwa mereka berada di dalam hubungan berkualitas buruk,” kata pemimpin penelitian Lisa Jaremka, seorang lulusan program pascasarjana di Institute for Behavioral Medicine Research di Universitas Negeri Ohio, AS.

“Salah satu alasan kenapa penelitian semacam ini penting adalah untuk memahami bagaimana kesepian dan hubungan sosial secara luas mempengaruhi kesehatan. Semakin kita mengerti proses dua hal tersebut, ada kemungkinan untuk mengatasi efek negatif dan bahkan mencegahnya. Jika kita tidak tahu dampak kesepian, apa yang kita lakukan untuk mengubahnya?” ujar Jaremka.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge