0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Talud Jembatan Kali Putih Ambrol, Kerugian Rp 40 Juta

Salah satu jembatan di Wonogiri yang putus (dok.timlonet/aris arianto)

Wonogiri — Hujan deras yang mengguyur wilayah Wonogiri, Selasa (22/1) dinihari, kembali membuat masalah. Sebuah talud jembatan di Kecamatan Purwantoro ambrol. Diperkirakan kerugian akibat ambrolnya talud mencapai Rp 40 juta.

Talud yang ambrol berada di Dusun Sawahan RT 2/ RW 4, Desa Ploso, Purwantoro. Lokasi tepatnya di bawah Jembatan Kali Putih. Kejadian sekitar pukul 03.00 WIB. Sedang, dimensi talud, panjang 6 meter dan kedalaman 3 meter.

Camat Purwantoro Khamid Wijaya membenarkan wilayahnya diguyur hujan deras. Sungai yang membelah desa punĀ  meluap. Diduga kuat arus sungai terlalu deras, sehingga menggerus badan talud Jembatan Kali Putih. Talud pun akhirnya tak kuat menahan kuatnya arus, ditambah lagi kondisi tanah penopang talud yang termasuk labil. Akhirnya talud sepanjang 6 meter jebol.

“Kalau dihitung, kerugian akibat kejadian ambrolnya talud tersebut sekitar Rp 40 juta. Dari pemerintah Desa Ploso tadi sudah melaporkan ke kami,” tutur Camat Khamid Wijaya.

Pihaknya akan meneruskan laporan itu ke Bupati Wonogiri. Terkait kerugian yang terhitung besar, pihaknya akan menunggu kebijakan Bupati selanjutnya. “Kami masih menunggu dari Bupati. Bisa saja nantinya diteruskan ke DPU (Dinas Pekerjaan Umum) dan dikerjakan oleh DPU dengan diawali pengecekan ke lokasi. Namun, yang pasti kami berharap perbaikan talud itu dilakukan sesegera mungkin,” tandasnya.

Ditambahkan, lantaran bagian talud yang ambrol, jembatan masih bisa difungsikan bagi arus transportasi, baik roda 2 maupun 4. Jembatan Kali Putih tersebut, menurutnya merupakan penghubung antar dusun di Desa Ploso.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge