0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

PNPM Wonogiri, Swadaya Masyarakat Capai Rp 2,2 Miliar

Kepala Bapermas (Badan Pemberdayaan Masyarakat) Wonogiri, Semedi Budi Wibowo (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri — Tingkat partisipasi masyarakat Wonogiri dalam pembiayaan pembangunan, khususnya program PNPM-MP (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat-Mandiri Pedesaan) disebut tinggi. Di tahun 2012 kemarin, dana partisipasi berupa swadaya masyarakat sebagai pendamping mencapai Rp 2.298.947.300.

Angka sebesar itu dikatakan menunjukkan besarnya peran serta masyarakat dalam upaya pembangunan. Hal itu patut diberi apresiasi. Terlebih dengan telah diraihnya penghargaan hingga tingkat Provinsi Jateng.

“Tahun 2012 kemarin, UPK (Unit Pelaksana Kecamatan) PNPM-MP Batuwarno menjadi  juara pertama lomba Sikompak Award tingkat Provinsi Jateng. Memperoleh uang Rp 20 juta langsung dari Gubernur. Juga penghargaan lain terkait tingginya partisipasi masyarakat,” ujar Kepala Bapermas (Badan Pemberdayaan Masyarakat) Wonogiri, Semedi Budi Wibowo, ketika ditemui di Dlepih, Tirtomoyo, Selasa (22/1).

Partisipasi yang terbilang tinggi itu juga membuat program penanggulangan kemiskinan dapat tercapai maksimal. Seperti pembangunan infrastruktur pendukung perekonomian pedesaan, peningkatan pendidikan dan ketrampilan warga, ataupun terwujudnya derajad kesehatan masyarakat.

“Karena program berhasil, akhirnya tercapai laba mencapai Rp 5 miliar lebih. Keuntungan ini dikembalikan untuk pemupukan modal, biaya operasional, penguatan kelembagaan, dan pemberdayaan masyarakat miskin, ” tandas Semedi.

Swadaya sebesar Rp 2,2 miliar itu, lanjutnya terbagi dalam 2 kegiatan. Yakni PNPM-MP reguler sebesar Rp 1.969.689.500. Dan dari PNPM-MP Integrasi dengan swadaya Rp 329.257.800.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge