0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Lampion Imlek Mulai Hiasi Pasar Gede

Pasar Gede, Solo (Dok.Timlo.net/ Achmad Khalik)

Solo — Meskipun Tahun Baru Imlek ke-2564 akan berlangsung 10 Februari mendatang, atribut khas Imlek berupa lampion sudah mulai menghiasi Pasar Gede, Solo.

Menurut Staf Humas Klenteng Tien Kok Sie, Roni Hong Siang, pemasangan lampion tersebut memang sudah menjadi tradisi sejak dulu. Apalagi, pemasangan atribut lentera khas China juga selaras dengan program Walikota Solo sebelumnya, Joko Widodo, yakni daerah sekitar Klenteng Pasar Gede sebagai sebagai pusat kebudayaan Pecinan di Solo.

“Pemasangan lampion memang jauh-jauh hari sebelum Imlek. Yakni setengah bulan sebelum Imlek dan setengah bulan sesudahnya. Jadi masyarakat dapat menikmati lampion tersebut selama satu bulan,” terangnya, Senin (21/1).

Roni juga mengatakan, pemasangan lampion tersebut memang sebenarnya bukan bagian dari prosesi ritual Imlek, tapi lebih sebagai atribut untuk menambah kental suasana Imlek. Sedang formasi pemasangan lampion tidak jauh berbeda dari tahun lalu, hanya ada sedikit perubahan formasi.

“Pemasangan lampion di sepanjang ruas jalan itu untuk seremonial saja, buat menambah suasana Imlek lebih terasa. Biar nanti perayaan makin meriah,” jelasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge