0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Masih Rawan DBD

DKK Karanganyar Sweeping Uget-uget di Desa Ngasem

Petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar menggelar sweeping uget-uget (Dok.Timlo.net/ nanang rahadian)

Karanganyar — Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar, Senin (21/1) kembali menggelar sweeping uget-uget, di rumah-rumah warga, Senin (21/1). Dari lima dusun yang ada, belum semuanya bebas jentik-jentik nyamuk penyebab demam berdarah dengue (DBD).

Dari Lima dusun, masing masing  Dusun Ngasem  75,5 persen, Janten 65 persen, Sidorejo 80 persen, Klamongan  82,5 persen dan Bakalan 90 persen tidak ada yang mencapai angka aman bebas jentik. Sedangkan angka aman bebas jentik adalah 95 persen.

Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Fatkul Munir mengatakan, warga harus bekerja keras dan peduli untuk terus menekan angka bebas jentik, kemudian harus ada relawan pemantau jentik-jentik tiap seminggu sekali.

“Dasa wisma harus dijalankan lagi, tiap sepuluh rumah harus ada relawan atau secara bergantian menjadi relawan pemantau jentik seminggu sekali.” jelas Munir.

Lebih lanjut Munir menambahkan cuaca ekstrem yang sedang berlangsung saat ini semakin mempercepat siklus kehidupan nyamuk, serta tingkat keganasan nyamuk.

“Hal ini tergantung dari warga sendiri, jika ingin terbebas dari ancaman DBD maka warga harus guyub memberantas nyamuk serta jentik-jentiknya,” terang Munir.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge