0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gedung BI Solo Bakal Jadi Ruang Publik Baru

BANK INDONESIA-Kantor Bank Indonesia Solo yang berlokasi di Jl Jenderal Soedirman (Dok. Timlo.net/Andi Penowo)

Solo – Gedung Bank Indonesia (BI) Solo yang berlokasi di kawasan Jl Jenderal Sudirman nantinya bakal ‘disulap’ menjadi ruang publik baru bagi masyarakat Kota Bengawan.

Ya, sebagai komitmen atas pelestarian unsur-unsur sejarah dan budaya, pihak BI sebagai pengelola gedung, rencananya akan mengonservasi bangunan tua tersebut sebagai bangunan cagar budaya (BCB).

Dalam proses ini, selain mengembalikan kondisi gedung sebagaimana aslinya, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo, Doni P Joewono, mengatakan nantinya akan dibangun pula area pertamanan di sekeliling bangunan. Bukan itu saja, pihak bank rencananya juga akan melengkapi area tersebut dengan tata lampu menawan, guna memberikan suasana keindahan saat malam.

“Ini nanti mungkin akan lebih bagus daripada Gedung BI Yogyakarta. Mengingat di sana tidak ada space (ruang-red), sementara BI Solo punya space yang luas,” ujarnya, saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Senin (21/1).

Pihak BI memang berniat menjadikan gedung eks De Javasche Bank ini sebagai boulevardnya kawasan Jl Jenderal Sudirman. Dengan kekuatan unsur heritage alias warisan budaya yang dimiliki, Gedung BI Solo bisa menjadi latar berbagai aktivitas seni dan budaya seperti Solo International Performing Art (SIPA).

Sementara untuk bangunan utama sendiri, diharapkan nantinya bisa difungsikan sebagai museum ataupun perpustakaan dengan konsep cyber library. Adapun proses konservasi gedung diharapkan bisa kelar pada akhir 2013 mendatang yang mana saat ini tengah memasuki tahap pembongkaran bangunan tambahan.

“Mengingat pemeliharaan butuh anggaran yang tidak sedikit, nanti BI sendiri yang akan meng-handle. Harapan saya pemerintah kota bisa membantu kami dari sisi keamanannya karena bangunan ini kan tanpa pagar,” pungkas Doni.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge