0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

E-KTP Belum Jadi, KTP Lama Masih Berlaku

Selama e-KTP belum dibagikan, maka KTP lama masih berlaku (dok.timlo.net/nanang rahardian)

Karanganyar — Adanya beberapa kecamatan yang belum menerima KTP elektronik (e-KTP), membuat masyarakat yang KTP lamanya habis namun e-KTP-nya belum jadi, kini bingung.

Menurut Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Karanganyar, Sucahyo, untuk warga yang KTP lama mereka sudah habis masa berlakunya tetapi e-KTP belum diterima, maka mereka tetap harus memakai KTP biasa tersebut. Menurut arahan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi, bagi penduduk yang sudah melakukan perekaman, tapi e-KTP miliknya belum dibagikan dan KTP biasa habis masa berlakunya, maka akan dibuatkan surat pernyataan. “KTP yang lama masih tetap bisa dipakai, sembari menunggu e-KTP dibagikan,” tegasnya.

Ditandaskan, dari hasil rapat koordinasi nasional (Rakornas) Kependudukan terakhir, untuk pemberlakuan e-KTP secara nasional diundur pada Januari 2014 mendatang. Hal itu dilakukan karena menunggu daerah-daerah lain di seluruh Indonesia yang belum selesai melakukan perekaman identitas untuk e-KTP pada tahun ini.

“Karena ternyata daerah-daerah lain yang belum menyelesaikan perekaman e-KTP masih lumayan banyak, dan diperkirakan untuk nasional perekaman selesai pada Oktober 2013 mendatang,” ungkapnya.

Jika e-KTP sudah diberlakukan secara nasional, maka KTP biasa dinyatakan sudah tidak berlaku lagi. Dia juga berharap agar masyarakat bisa bersabar hingga e-KTP miliknya dibagikan. Pasalnya, e-KTP itu memang dibuat dan dicetak oleh pemerintah pusat dan kemudian baru dikirim ke daerah.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge