0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Serangan Hama Ulat Keong Kian Merajalela

Tampak di kejauhan deretan tanaman sengon laut mengering akibat serangan hama ulat keong (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri  — Serangan ulat keong pada tanaman sengon laut jenis putih di Desa Jatimarto, Ngadirojo Wonogiri belum akan mereda. Puluhan hektar areal tanaman bertekstur semi keras tersebut masih terlihat mengering dan mati.

Pantauan Timlo.net, Senin (21/1), luas lahan yang terserang hama ulat keong semakin bertambah. Terlihat dari deretan pohon sengon laut kering di sekitar perbatasan Jatimarto dengan Jatipuro (Kabupaten Karanganyar).

“Dua minggu kemarin pohon sengon laut di depan rumah saya itu belum kering semua, Mas. Tapi sekarang sudah kerontang seperti itu, ” tutur Marno, penjual duren perbatasan kedua wilayah itu, sembari menunjuk deretan pohon kering.

Anggota DPRD Wonogiri asal Fraksi PAN, Sulardi mengatakan, lahan miliknya juga banyak yang rusak kering. Malah, kerusakan semakin bertambah sejak dua pekan terakhir ini. Tampak dari kian luasnya lahan sengon dia yang mengering.

“Peneliti dari LIPI belum bisa kami datangkan. Yang jelas, semakin banyak pohon sengon laut saya yang kering,” tandas Sulardi melalui telepon.

Terpisah, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Wonogiri Sri Jawardi mengaku bakal terus berupaya mencari solusi atas serangan hama ulat keong di Desa Jatimerto. Sementara itu, tindakan penyemprotan memakai insektisida alami tetap dilakukan.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge