0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Latihan Otak Bisa Membantu Melawan Depresi

Timlo.net — Hasil sebuah penelitian menyimpulkan bahwa sebuah teknik latihan otak, yang menolong orang mengontrol aktivitas sebuah bagian otak bisa menolong mengatasi depresi.

Para peneliti Universitas Cardiff, UK menggunakan scanner MRI untuk menunjukkan bagaimana otak dari delapan relawan bereaksi terhadap gambaran positif.

Setelah empat sesi terapi, para relawan telah melihat bahwa depresi mereka berkurang.

Sementara itu, 8 orang lain diminta untuk berpikir positif tapi mereka tidak melihat scanning otak karena mereka tidak menunjukkan perubahan apapun.

Para peneliti berkata mereka percaya bahwa scan MRI memampukan bahwa saat para relawan berlatih, lewat metode trial and error, yang serupa dengan metode gambaran emosi positif, menghasilkan hasil yang lebih baik.

Teknik ini disebut dengan neurofeedback– diketahui telah sukses menolong orang melawan penyakit Parkinson.

Tapi, seperti dilansir dari BBC, tim peneliti ini mengakui bahwa masih diperlukan penelitian lebih lanjut. Terutama yang melibatkan sejumlah besar relawan untuk melihat seberapa efektif terapi ini khususnya dalam jangka panjang.

Prof David Linden, yang memimpin penelitian, yang telah diterbitkan di jurnal PLoS menyatakan, teknik latihan otak tersebut bisa dipakai sebagai sebuah paket perawatan untuk depresi.

Sekitar seperlima populasi masyarakat akan menderita depresi di suatu waktu dalam hidupnya dan seperti dari penderita depresi tidak akan merespon terhadap perawatan standar.

”Satu aspek yang menarik dari teknik ini adalah kemampuannya memberi para pasien  pengalaman mengontrol aspek-aspek dari aktivitas otak mereka. Banyak pasien yang sangat tertarik terhadap cara baru untuk terhubung dengan otak mereka,” tambah Prof Linden.

Chris Ames, dari organisasi kesehatan mental non-profit Mind mengakui beberapa hasil penelitian menarik, tapi penelitian ini masih di tahap awal. “Penelitian lebih lanjut seharusnya memberikan ide yang lebih baik tentang seberapa bermanfaat teknik ini untuk dipakai sebagai perawatan untuk depresi,” ujarnya.

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge