0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pintu Air Waduk Gajah Mungkur Ditutup Lagi

Pintu Air Waduk Gajah Mungkur Wonogiri (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri — Pintu air Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri akhirnya ditutup pada Senin (21/1) pukul 08.00 WIB. Genangan air di pemukiman warga Kelurahan Giritirto dan Giripurwo pun akhirnya surut.

Saat ditutup, ketinggian muka air di dekat pintu WGM berada pada level 134,47 meter di atas permukaan laut (mdpl). Posisi telah dianggap ada di bawah batas normal, 135,50.

Sebelumnya, pintu air WGM sempat dibuka selama kurang lebih dua pekan. Di awal pekan pertama bahkan bukaan kedua pintu diperlebar hingga di atas 200 meterkubik per detik.

“Pukul 8 pagi tadi kita tutup total pada kedua pintunya. Otomatis dari buangan pintu tak ada lagi air yang keluar. Yang ada hanya di daerah turbin untuk menggerakkan pembangkit listrik,” tutur Winarno Susiladi, Kepala Divisi Air dan Sumber Air (ASA) Perum Jasa Tirta I Wilayah Bengawan Solo, Senin (21/1).

Penutupan pintu air WGM ini, lanjut Winarno bakal terus dipertahankan hingga air melebihi ambang normal. Untuk itu pihaknya tetap memantau pasokan hujan yang turun di daerah hulu.

Ditutupnya pintu air WGM juga membuat genangan air di pemukiman warga Lingkungan Sukorejo, Giritirto dan Kajen, Giripurwo surut. Kini tak ada lagi rumah penduduk bersentuhan dengan rendaman air. Jalanan kampung dan komplek makampun tak lagi terendam air limpahan waduk.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge