0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Otak Sehat Bisa Perpanjang Usia 10 Tahun

Prof Dr dr Suhartono Taat Putra MS dari Departemen Patologi Anatomi FK Universitas Airlangga (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Stres tak selalu bersifat negatif. Apabila otak dapat merespon dengan baik, maka mindset yang tepat dapat membantu mempercepat penyembuhan penyakit. Hal tersebut dipaparkan Prof Dr dr Suhartono Taat Putra MS dari Departemen Patologi Anatomi FK Universitas Airlangga dalam seminar ilmiah bertajuk “Stem cells: Research and Clincal Application” di Aula RS PKU Muhammadiyah, Solo, Sabtu (19/1).

Dijelaskan, ada dua macam stres. Yaitu stres positif (eustress) dan stres negatif (distress). Otak akan merespon stres tersebut. Bila otak telah mempersepsikan suatu masalah sebagai sesuatu yang positif, maka kemungkinan akan sembuh dari penyakit lebih besar.

“Semisal kalau sakit, maka dia harus berpikir positif. Misal kapan lagi bisa beristitrahat kecuali saat sedang sakit. Kondisi pikiran tersebut juga berpengaruh terhadap kondisi lingkungan mikro,” ujarnya.

Menurutnya, untuk membuat mindset atau pola pikir positif memang sulit. tapi bila itu dilakukan, akan membuat sel puncak sehat sehingga otak akan ikut sehat. Hal itu akan mempengaruhi kesehatan psikis dan fisik.

“Pola pikir positif membuat otak sehat. dengan otak sehat, selain akan membuat kondisi fisik yang sehat, juga akan membuat persepsi yang sehat juga. Semisal sportif, kerja keras, disiplin dan sebagainya,” terangnya.

Pola pikir positif juga akan membentuk gaya hidup yang sehat. Semisal berhenti makan sebelum kenyang, olahraga teratur sesuai kebutuhan dan lain-lain.

“Gaya hidup demikian akan menurunkan kejadian hipertensi 55 persen, stroke-PJK 75 persen, kanker sebesar 35 persen serta rata-rata usia naik 10 tahun tanpa mengeluarkan uang sepersen pun. Yang diperlukan untuk itu hanya otak yang sehat,” ucapnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge