0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ingin Pelek Motor Awet? Lakukan Tips Ini!

Bambang tengah menyervis pelek motor yang bengkok akibat menerjang lubang jalan. (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri — Sektor kaki seperti pelek, spoke (ruji), tromol, dan ban merupakan bagian sepeda motor yang menanggung beban paling berat. Pasalnya, sektor kakilah yang merupukan tumpuan motor saat menapak di jalan. Tak pelak, bagian ini kerap mengalami keausan atau rusak.

Kerusakan dipastikan bakal kian cepat terjadi ketika medan jalan berlubang, bergelombang alias tak rata. Pelek bisa bengkok, ruji patah, dan ban bocor. Jika sudah begitu, ke bengkel adalah langkah yang pasti diambil pemilik motor.

Tapi, jika kita mau aktif dan waspada, kerusakan sektor kaki pada sepeda motor bisa dihindari. Umur pakai menjadi awet. Pun, tak harus sering bolak-balik bengkel merogoh kocek.

“Saat musim hujan seperti ini, sektor kaki terutama pelek menjadi lebih gampang rusak. Terutama waktu melibas jalanan berlubang yang tak tampak karena tertutup genangan air. Pelek bengkok, ruji patah. Malah sering mengakibatkan kecelakaan,” tutur Agus, pemilik usaha stel roda motor di Baturetno, Wonogiri, Senin (21/1).

Sebagai antisipasinya, Agus menyarankan pemilik motor menggunakan pelek dan ruji berkualitas baik. Jangan memakai dari bahan tipis dan hanya mengejar gaya. Lebih baik sedikit menambah anggaran pembelian pelek dan ruji, namun tercapai pada sisi safety.

“Saat akan menerobos jalanan tergenang air, pastikan menghindari lubang. Tapi jika terpaksa melewati lubang, kurangi kecepatan pada gigi rendah, dan jangan main rem mendadak. Banyak kasus motor jatuh karena gugup waktu melewati lubang dan mengerem mendadak,” saran Agus.

Sementara, pebengkel khusus pelek di dekat Lapangan Sukorejo, Giritirto Kecamatan Kota, Bambang menegaskan, beban berlebih pada sepeda motor juga mempengaruhi keawetan sektor kaki. Untuk itulah, dia menghimbau supaya tidak memberikan beban overload. Yang tepat adalah tidak melampaui batasan yang disarankan setiap pabrikan sepeda motor sesuai buku petunjuk pembelian motor.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge