0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

BNPB Gelontor Rp 9 Miliar untuk Bencana di Jateng

Banjir di Ngringo, Minggu (6/1). (Dok.Timlo.net/ Nanang Rahadian)

Karanganyar — Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat memberikan bantuan sebesar Rp 9 miliar  untuk penanganan bencana yang terjadi di seluruh Jawa Tengah, termasuk yang terakhir bencana banjir di wilayah Surakarta.

Jika diberitakan pada bencana banjir Jakarta dan sebagian besar wilayah Indonesia terdapat pengungsi yang kekurangan makanan. Namun selama dua bulan saja bencana yang terjadi di Provinsi Jawa Tengah, langsung mendapat respons dari BNPB. Bahkan Kabupaten Karanganyar mendapatkan bantuan uang tunai sebesar Rp 200 juta melalui Bupati Karanganyar, Rina Iriani saat Kepala BNPB Harmensyah berkunjung usai banjir di Kecamatan Jaten, pekan lalu.

Kepala BNPB Harmensyah mengatakan secara nasional pada tahun ini bantuan untuk bencana sekitar Rp 91 miliar dan bantuan itu terus ditambah sesuai kebutuhan, apalagi ancaman cuaca ekstrem jelas menghadang Januari-Februai ini.

“BNPB mempunyai dana taktis yang sewaktu-waktu bisa digunakan jika di butuhkan,” kata Harmensyah.

Saat ini BNPB terus memantau bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) maupun Tim SAR daerah secara intensif baik daerah rawan serta penanganan langsung yang sedang terjadi bencana, termasuk bantuan uang dan non-uang.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge