0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dana RTLH Karanganyar Cair April

Pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) (dok.timlo.net/nanang rahardian)

Karanganyar — Pengucuran bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) untuk tahun 2013 mencapai  Rp 5 miliar yang diperuntukkan untuk 500 RTLH se-kabupaten Karanganyar.  Bantuan perbaikan rumah ini per Kepala Keluarga (KK) akan mendapat Rp 10 juta. Diharapkan bulan April mendatang sudah mulai cair.

Menurut Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Bapermasdes) Karanganyar, Sri Desto Untung Raharjo, hingga saat ini tahapan baru sampai pada verifikasi rumah yang diajukan oleh desa beberapa waktu lalu,  tim akan melakukan verifikasi terhadap 500 rumah, tiap tim 125 rumah dengan target 1 hari 15 sampai 20 rumah selama 6 hari. “Tahap ini akan mengecek sejauh mana kelayakan rumah tersebut, disertai foto-foto yang nantinya akan diajukan dalam rapat pleno,” jelas Desto, Sabtu (19/1).

Sampai saat ini sudah 106 dari 177 desa yang sudah diverifikasi, sisanya 71 desa diharapkan kelar dalam minggu ini.

Terpisah Wakil Ketua DPRD Karanganyar Tri Haryadi mengatakan, selama pemerintahan Bupati Rina Iriani, ada program bedah rumah sebanyak 60 ribu RTLH. Untuk setiap rumahnya, tahun ini dianggarkan Rp 10 juta/rumah. Sehingga dari 7 rumah yang belum terlesaikan saat ini, dipastikan ada 3 rumah yang tak bisa dipugar.

“Di sisi lain, dengan bantuan tersebut nantinya masyarakat harus ikut mengawasi secara penuh pelaksanaanya. Jangan sampai programRTLH tersebut salah sasaran, hanya dimanfaatkan pihak tak bertanggung jawab,” ujar Tri Haryadi, Sabtu (19/1)
Menurut Tri Haryadi, selain program RTLH, sejumlah program pengentasan kemiskinan terus dianggarkan. Untuk pendistribusian beras masyarakat miskin (Raskin) dianggarkan Rp 16,6 miliar. Selain untuk pendidikan juga ada bantuan dari pusat berupa dana Biaya Operasional Sekolah (BOS).

“Bahkan untuk pengembanganan ekonomi kerakyatan, juga adannya bantuan berupa PNPM yang juga dari pemerintah pusat. Adanya sejumlah bantuan itu harus diawasi secara bersama-sama agar tepat sasaran dan tepat guna,” pungkas Tri Haryadi.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge