0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Dia, Logo-logo tentang Kota Solo

Lomba logo Kota Solo, Minggu (20/1). (Dok.Timlo.net/ Achmad Khalik)

Solo — Menjelang ulang tahun Kota Solo ke-268 pada 17 Februari mendatang, Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Rupa dan Desain (DKV-FSRD) ISI Solo menggelar kompilasi logo-logo tentang Kota Solo di Car Free Day (CFD), Minggu (20/1). Logo yang terbuat tersebut terbilang cukup kreatif dan imajinatif, pasalnya selain mengolah angka 268 yang merupakan usia Kota Solo juga mengkreasikan dan mengkombinasikannya dengan unsur-unsur kearifan lokal. Diantaranya wayang dan batik.

Penggagas aksi, Basnendar Heri P mengatakan acara tersebut diadakan sebagai bentuk ucapan selamat kepada Kota Solo yang akan memasuki usia 268 tahun. Selain itu juga mempromosikan dan mengenalkan salah satu jurusan baru di ISI Solo yaitu Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Rupa dan Desain (DKV-FSRD).

“Acara ini dalam rangka sebagai wujud ucapan selamat kepada Kota Solo memasuki usianya ke-268 tahun, disamping itu juga pengenalan jurusan kami yang baru saja dibuka selama setahun ini,” ucapnya ditemui di sela-sela acara.

Dijelaskaskannya, dalam membuat suatu logo yang baik haruslah memiliki beberapa kriteria. Diantaranya menarik, simple, imajinatif dan mengandung unsur etnik didaerah logo tersebut akan digunakan.

“Dalam pembuatan logo tidak boleh hanya memandang unsur estetik semata, namun ┬áharus dapat mewakili penggunaan logo tersebut. Unsur-unsur di dalam logo tersebut juga harus dapat dipertanggung jawabkan oleh pembuat dan penggunanya,” tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut dipamerkan sekitar 200-an logo karya dari mahasiswa DKV angkatan pertama. Salah satunya yaitu Avierry Fionarizoca dirinya ingin memberikan ucapan selamat kepada Kota Solo melalui logo yang dibuatnya. Meskipun Pemkot Solo tidak menggunakannya sebagai logo resmi, hal itu tidak menjadi masalah.

“Ya sebagai ucapan selamat, Mas. Kan saat ini usia Kota Solo sudah ratusan tahun. Saya hanya ini berpartisipasi mengucapkan selamat melalui pembuatan logo ini,” ucap mahasiswa DKV semester awal tersebut.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge