0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Usai Panen Lele, Puan Serahkan Alat Pembuat Pelet

Puan Maharani Panen Lele, Sabtu (19/1). (Dok.Timlo.net/ Sahid B Susanto)

Sukoharjo – Bantuan yang digulirkan Pemerintah kepada masyarakat melalui Kelompok Usaha Bersama (Kube) di Kabupaten Sukoharjo menunjukkan realisasi hasil yang cukup baik. Hal itu dicontohkan oleh Kube Mina Makmur Wijaya di Kampung Pokakan, Kelurahan Jetis Kecamatan Sukoharjo Kota.

Kube Mina Makmur Wijaya yang bergerak di bidang peternakan ikan lele, kini mampu memberikan kesejahteraan kepada anggotanya. Dengan modal awal sebesar Rp 3 juta, kini Kube tersebut mampu memberikan keuntungan mencapai Rp 5 juta hingga Rp 6 juta per bulan.

Keberhasilan itu pun turut dirasakan Pemerintah. Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya bersama Puan Maharani (Anggota Komisi VI DPR RI), memanen lele secara simbolis di 2 kolam lele yang dikelola oleh Kube Mina Makmur Wijaya di Kampung Pokakan Kelurahan Jetis Sukoharjo, Sabtu (19/1).

“Kube Sukoharjo dapat membuktikan keberhasilannya. Saya menyumbang alat pembuat pelet atau makanan ikan lele sesuai yang dibutuhkan oleh kelompok usaha bersama masyarakat Pokakan. Diharapkan alat itu nantinya benar-benar dapat dimanfaatkan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kampung Pokakan Desa Jetis,” ujar Puan Maharani usai memanen lele.

Budi, salah satu anggota Kube Mina Makmur Wijaya mengatakan, untuk bulan ini Kube yang dikelolanya dapat memanen 3 kolam dengan hasil sekitar 4 kwintal. Setiap kolamnya ditaburi bibit sebanyak 2000 ekor. Ada 6 kolam yang dikelola, dipanen dalam jangka 2 bulan sekali.

“Ada 6 kolam, yang 3 kolam di panen bulan ini, kemudian 3 kolam lainnya di panen bulan depan. Sehingga setiap bulan kita bisa memanen lele. Untuk biaya produksi setiap kolam sekitar 1,4 juta. Dengan adanya bantuan alat  pembuatan pelet nantinya diharapkan memperkecil biaya produksi karena pakan tidak lagi beli,” ujar Budi.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge