0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tetapkan Target Kursi, Parpol Bersiap Hadapi Pemilu

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Hanura Solo, Abdullah AA (dok.timlo.net/daryono)

Solo – Jelang pemilu legislatif 2014 sejumlah partai mulai lakukan persiapan guna berupaya memenangi pemilu. Tak terkecuali di Solo, sejumlah partai politik (parpol) mengaku telah mempersiapkan sejumlah kader yang akan dijagokan dalam pileg nantinya.

Bahkan sejumlah parpol mengatakan jika ancang-ancang tersebut telah dilakukan bertahun-tahun. “Sebagai partai politik memang mestinya, sedini mungkin mempersiapkan kader yang akan dicalegkan. Bagaimana caranya membahas APBD, membahas anggaran, aturan-aturan perda dan sebagainya. Sehingga, ketika mereka tampil sebagai legislatif, mereka bisa langsung on. Namun hampir semua parpol kan belum demikian, termasuk Hanura sendiri. Untuk itu kita coba lakukan pelatihan,” ungkap Ketua DPC Partai Hanura Solo, Abdullah AA kepada Timlo.net, Minggu (20/1).

Selain pemberian pelatihan, sambung Abdullah, kader yang akan maju sebagai caleg harus dilihat seperti apa track record personalnya. Itu sebabnya dalam mencalonkan kadernya dalam pileg 2014 nanti, Hanura Solo akan lebih mengutamakan kadernya yang memang telah terbukti loyalitasnya. “Ya kan tidak bisa baru bergabung lalu dimasukkan. Kita kan belum mengetahui track recordnya juga. Masyarakat kan juga bisa memilih dengan melihat track record tersebut, jadi tidak asal pilih saja,” lanjut Abdullah.

Sementara itu, hal serupa juga dikatakan Wakil Ketua Bidang Organisasi, Keanggotaan dan Rekruitmen DPC PDIP Solo YF Sukasno. Menurutnya dalam pencalonan kader dalam pileg nanti juga tidak akan mempercayakan kepada anggota-anggota yang baru. Meskipun dalam hal ini pihaknya mengakui tengah melakukan gerilya untuk merangkul politisi-politisi dari partai yang belum terakomodir sebagai peserta pileg 2014 nanti.

“Komunikasi politik kan sudah dilakukan. Artinya kita partai terbuka. Yang namanya politisi kan jiwanya kan sudah di situ. Jadi kalau tidak terakomodir atau belum memenuhi persyaratan dalam kesempatan pemilu 2014 nanti, PDIP siap menerima untuk masuk menjadi anggota partai,”tuturnya.

Namun tetap saja, sambungnya, kader baru tidak bisa langsung dapat diajukan sebagai caleg. Sebab untuk menuju sebagai caleg kader harus melalui berbagai tahapan. Untuk pencalegan itu sendiri PDIP telah menjalankan sejumlah tahapan. Termasuk fit and proper test yang dilakukan di tingkat DPD. “Solo sendiri ada sekitar 100 kader yang ikut fit and proper test, termasuk saya.

Disinggung saol target, pihaknya menargetkan bisa mendapat lebih dari 15 kursi seperti sekarang ini. “ Sebab kan jumlah kursinya nanti juga ditambah menjadi 45 kursi disesuaikan dengan jumlah penduduk,” tuturnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge