0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hadapi Pilgub, Warga Nadliyin Netral

Sejumlah tokoh NU ketika menghadiri launcing Kartanu di Kantor PC NU Sragen. (dok.timlo.net/agung)

Sragen — Warga Nadliyin di wilayah Kabupaten Sragen memilih bersikap netral dalam menghadapi pesta Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa tengah mendatang. Pernyataan sikap itu disampaikan Ketua Pimpinan Cabang Nadhatul Ulama (PCNU) Sragen KH Agus Budiharto.

Agus Budiharto menegaskan, NU bukan lembaga yang mengurusi secara langsung kegiatan politik praktis. Karena itu, pihaknya memilih bersikap netral agar warga Nahdliyin tidak terjebak dalam politik praktis secara langsung. “NU akan bersikap netral, sehingga pada saat Pilgub mendatang warga NU diberi kebebasan untuk menentukan pilihan mereka masing-masing,” Agus usai acara launching 100.000 Kartu Tanda Anggota NU (Kartanu) di Kantor PC NU Sragen, belum lama ini.

Mengenai adanya kabar bahwa salah satu kader terbaik NU di tingkat wilayah Jawa Tengah yang bakal berjuang dalam bursa Pilgub, Agus Budiharto menyatakan hal itu sah-sah saja. Sebab secara pribadi, warga NU memang diperbolehkan dan memiliki hak untuk terlibat aktif terjun dalam politik praktis. Hanya, pihaknya tetap menggaris bawahi bahwa sikap itu merupakan keputusan pribadi dan tidak boleh disangkut pautkan dengan lembaga NU.

“Kita hargai, kami juga tidak boleh memaksakan kehendak, tetapi sekali lagi, kami tetap akan memberikan bebaskan bagi warga Nahdliyin untuk  menentukan pilihan. Secara tegas, sikap NU tetap netral,” jelasnya.

Sementara itu Wakil ketua PC NU Sragen, Muhammad Fadlan menambahkan, NU sebagai organisasi sosial keagamaan memang bukan organisasi politik praktis. Di mana dalam setiap gerakannya NU selalu mengedepankan upaya membangun kemaslahatan dan kesejah teraan umat, menghargai perbedaan, serta memberikan perlindungan dan hak yang sama bagi setiap warga negara dalam bingkai ke-Indonesiaan.

“Sehingga menyikapi pemilihan gubernur yang akan berlangsung mendatang, sikap NU jelas tidak kemanan-mana namun ada dimana-mana,” ujar Fadlan.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge