0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

17 februari 2013 Diresmikan Sebagai Kota Kreatif Dunia

Solo, Kota Metropolis Pertama di Indonesia?

Warga Solo berjubal memeriahkan Car Free Night di Jalan Slamet Riyadi, Senin (31/12). (Dok.Timlo.net/ Daryono)

Solo — Pada Hari Ulang Tahun (HUT) ke-268 pada 17 Febuari mendatang, secara resmi Kota Solo dinobatkan sebagai kota menuju kota kreatif dunia.

Koordinator Volunteer Persiapan Solo Kota Kreatif, Irfan Sutikno mengatakan, dalam pencanangan itu akan dihadiri oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Wakil Menteri Pendidikan Nasional (Wamendik) dan Walikota Solo.

Ditetapkannya sebagai kota menuju kreatif dunia, karena Solo memiliki perjalanan sejarah yang sangat panjang pada aspek budaya kreatif. Selain itu Direktur Freshbload Indonesia ini mengaku, Solo dirancang sebagai Kota Metropolitan pertama kalinya.

“Karakteristik kekhasan Solo sampai saat ini bisa dirasakan oleh masyarakat di luar Solo. Dan tata Kota Solo saat penguasaan Belanda memang sudah dirancang sebagai kota metropolis,” katanya usai mengisi seminar kewirausahaan yang bertemakan Menebar Virus Wirausaha Kreatif di Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Solo, kemarin.

Menurutnya, dilihat dari konteks kreativitas di kalangan anak muda masih perlu didorong dan difasilitasi. Lain halnya dengan kreatif anak muda di Bandung yang sudah mulai berwirausaha secara kreatif. Namun, yang menjadi nilai plus kota Solo, jika dinilai dari budaya yang berakrar dari kreativitas, Kota Solo lebih unggul. Seperti halnya lahirnya Wayang Kampoeng Sebelah (WKS), Sahita, dan kesenian yang lainnya.

Setelah diresmikannya Solo sebagai kota menuju kreatif dunia, hal yang harus diupayakan untuk mendongkrak kerativitas orang Solo adalah menciptakan aspek mindset yang kreatif. Kedua menciptakan kelembagaan secara independen Solo Creative City network. ”Melalui kelembagaan tersebut nantinya akan dapat memetakan dan mengembangkan potensi Kota Solo,” imbuhnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge