0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Penelusuran “Marmut”, Inspektorat dan Walikota Turun Tangan

Sekda Kota Solo, Budhi Suharto (dok.timlo.net/daryono)

Solo — Dugaan adanya praktek makelar mutasi (Marmut) akan ditelusuri sampai tuntas. Inspektorat dan Walikota akan turun langsung menelusuri informasi adanya dugaan terkait praktek makelar jabatan yang belakangan marak dibicarakan tersebut.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Solo Budhi Suharto menjelaskan, penelusuran bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Baik dengan melakukan kroscek pada pengirim sms ataupun dengan sistem silent operation.

Tapi dugaan Sekda, munculnya “Marmut” justru cenderung dilakukan oleh free rider atau pendompleng yang semata-mata memanfaatkan momen mutasi jabatan sebagai celah untuk mencari keuntungan pribadi. Oknum itulah yang diduga menjanjikan jabatan tertentu bagi pejabat eselon di lingkungan Pemkot menjelang dilakukannya mutasi jabatan.

“Sebenarnya tidak diapa-apakan sudah jadi (menduduki jabatan tertentu –Red). Terus ada orang dompleng, ada free rider atau penumpang gelap yang menyatakan eh, kowe iso dadi iki lho (Kamu bisa jadi di posisi ini lho –Red). Itu mungkin yang disebut dengan makelar mutasi atau jabatan atau apalah,” terang Sekda kepada wartawan, Sabtu (19/1).

Menurutnya, dugaan itulah yang sementara menguat dilakukan oleh “Marmut”. Namun diakui, untuk bisa mencari siapa dan sampai sejauh mana adanya dugaan praktek “Marmut” bukan menjadi persoalan yang mudah.

Sesuai mekanisme Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat), proses mutasi jabatan melibatkan banyak orang, mulai dari tataran Pemkot sampai Pemerintah Provinsi (Pemprov). “Terus terang, mau menyatakan pada simpul yang mana menjadi sangat sulit,” jelasnya.

Namun Sekda berjanji, apabila yang terlibat praktek “Marmut” adalah oknum dari birokrasi Pemkot sendiri, ia sebagai Ketua Baperjakat siap bertanggung jawab dan menerima sanksi apapun. “Saya siap mempertanggung jawabkannya,” tegasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge