0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Perdosri Jateng-DIY Gelar Pertemuan Ilmiah

PIR Perdosri 2013 digelar di RS Ortopedi, Sabtu (19/1). (Dok.Timlo.net/ Achmad Khalik)

Solo — Perhimpunan Dokter Spesialis Rehabilitasi Medis Indonesia (Perdosri) Jateng dan DIY tahun 2013 menggelar Pertemuan Ilmiah Regional (PIR) di Auditorium lantai 3 RS Ortopedi Surakarta, Sabtu (19/1). Pertemuan akbar bagi dokter spesialis kedokteran Fisik dan Rehabilitasi (Sp.KFR) tersebut juga diiringi dengan diselenggarakan seminar yang mengusung topik “Comprehensive Management of Pediatric Problem”.

Ketua Panitia PIR Perdosri 2013, Dr Komang Kusumawati Sp KFR MPd mengatakan, pertemuan tersebut bertujuan untuk meningkatkan mutu serta pelayanan kepada masyarakat. Selain itu, semakin tingginya angka kelainan pada anak khususnya kelainan tulang bawaan sejak lahir perlu mendapat perhatian yang tinggi dari pihak terkait.

“Makin tingginya angka kelainan tulang bawaan sejak lahir ini menjadi topik yang diangkat dalam seminar yang diselenggarakan oleh PIR Perdosri 2013 kali ini,” ujarnya.

Komang juga menjelaskan, kelainan yang timbul pada tulang sejak lahir sangat beragam, mulai dari Muskuloskeletal seperti kaki pengkor (CTEV) maupun tulang belakang yang bengkok (Scoliosis). Disamping itu juga mengakibatkan kelumpuhan otak atau Cerebral Palsy.

“Sebenarnya semua itu dapat disembuhkan asalkan dengan pendeteksian sejak dini. Apabila itu diketahui sejak awal maka orang yang berisiko terkena kelainan tulang bawaan akan dapat disembuhkan,” paparnya.

Pada pertemuan tersebut juga ikut dibahas mengenai penanganan serta berbagai kelainan anggota gerak pada anak serta penanganannya. Sehingga diharapkan dari hasil pertemuan tersebut dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge