0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sruti Bertekad Teruskan Cita-cita Ayahnya

Sruti Respati, sinden ternama asal Solo (Dok.Timlo.net/ Iwan Kawul)

Solo — Kehilangan sosok seorang ayah merupakan pukulan yang berat bagi pelantun tembang-tembang keroncong, Sruti Respati. Sosok ayah baginya merupakan seorang panutan sekaligus tuntunan dalam menapaki setiap jengkal hidupnya.

“Bapak merupakan panutan sekaligus penuntun saya, baik dalam berkesenian maupun dalam kehidupan saya,” ungkap Sruti saat dihubungi Timlo.net, Sabtu (19/1).

Banyak hal yang telah diajarkan oleh dalang kenamaan Sri Joko Raharjo yang juga merupakan ayah dari Endah Laras kakak Sruti Respati tersebut. Salah satunya dalam hal berkesenian. Ayahnya berpesan kepadanya bahwa kesenian Jawa harus menjadi raja dan dihargai di tanah kelahirannya. Dari nasihat tersebut, Sruti bertekad akan terus memperjuangkan kebudayaan Jawa hingga akhir hayatnya.

“Bapak selalu mengingatkan saya agar selalu melestarikan budaya khususnya kebudayaan Jawa. Sehingga saya juga bertekad akan meneruskan cita-cita bapak yaitu menjadikan kebudayaan Jawa sebagai raja di negeri sendiri,” paparnya.

Semasa hidup, lanjut Sruti, ayahnya selalu giat berkesenian. Bahkan beliau mengajari masyarakat memainkan wayang dan karawitan di daerah rumahnya Salakan, Sraten, Gatak, Sukoharjo. “Bapak mempunyai Sanggar bernama Pangruwatan di rumahnya. Di sanggar tersebut bapak mengajarkan karawitan dan wayang kepada masyarakat sekitar yang ingin belajar,” pungkasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge