0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tungku Industri Senilai Rp 1 M

“Batur Jaya” Ceper Siap Bersaing ke Pasar Internasional

Klaten – Koperasi Industri Pengecoran Logam dan Permesinan “Batur Jaya” Ceper, Klaten menerima bantuan alat modern dari Dirjen Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementrian Perindustrian.

Bantuan berupa tungku industri senilai Rp 1 miliar itu diberikan langsung oleh Gubernur Jawa Tengah, H Bibit Waluyo, Senin (27/12) siang. Hadir juga Dirjen IKM Kementrian Perindustrian Euis Saedah dan jajarannya.

Dalam kesempatan itu Gubernur juga memberikan bantuan sarana listrik senilai Rp 450 juta yang berkapasitas 550 ribu watt. “Dulu alatnya manual dan sekarang sudah modern. Mudah-mudahan dengan alat ini akan membuat jumlah produksi yang dihasilkan lebih banyak, sehingga mampu bersaing dengan pasar internasional,” kata Bibit.

Dengan alat modern ini jauh lebih efisien dari pada saat menggunakan alat manual. Sebab, kata Bibit, dengan alat yang sudah menggunakan listrik ini untuk membuat 500 batangan blok rem kereta api (KA) dapat diselesaikan dalam waktu 1 X 24 jam. Tapi kalau menggunakan alat manual menghabiskan waktu seminggu untuk jumlah produksi yang sama.

Bibit mengutarakan, industri logam “Batur Jaya” Ceper mempunyai prospek yang bagus mengingat banyak proyek pembangunan yang membutuhkan bahan cor logam di wilayah Jateng ini.

Sementara saat ini di Ceper sendiri ada 250-an pengrajin cor logam yang masih eksis. Dari sejumlah itu, hampir semuanya masih memproduksi cor logam. Dengan bantuan itu tentunya membuat industri logam “Batur Jaya” Ceper akan lebih baik. “Kami tambah bersemangat untuk menghasilkan cor logam yang berkualitas,” ujar H Anas Yusuf, Ketua Koperasi Batur Jaya, Ceper.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge