0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Makan Banyak Protein Bisa Turunkan Berat Badan?

Harga daging sapi kini melonjak, namun harga sapi potong masih stabil (dok.timlo.net/agung)

Timlo.net — Apakah memakan lebih banyak protein akan membantu kita menambah atau mengurangi lemak tubuh? Ternyata tidak kedua-duanya. Jumlah kalori yang menjadi persoalan dan bukan asal kalori tersebut. Demikianlah hasil sebuah penelitian baru.

Para peneliti di Pennington Biomedical Research Center di Louisiana merekrut 25 pria dan wanita untuk tinggal di fasilitas, makan apapun yang disediakan di dapur. Setelah beberapa minggu, di mana para peneliti bisa menghitung berapa banyak kalori yang dibutuhkan oleh setiap relawan, mereka membagi para relawan ke dalam tiga kelompok. Kelompok pertama yang makan dengan pola makan 5 persen kalori diperoleh dari protein (sangat rendah dibanding pola makan standar), kelompok yang mendapatkan kalori 15 persen dari protein mereka ( jumlah normal yang dimakan orang) dan kelompok ketiga yang mendapatkan 25 persen kalori dari protein (dianggap jumlah yang tinggi).

Selama delapan minggu  berikutnya, para relawan makan berlebih di atas jumlah kalori harian yang biasanya mereka makan.

Hasilnya: setiap grup memiliki jumlah lemak tubuh yang sama, sekitar 3,4kg hingga 3,6kg. Tapi sementara kelompok yang makan protein dalam jumlah sedikit kehilangan 0,6kg lemak tubuh. Sementara kelompok dengan jumlah protein normal dan tinggi mendapatkan lemak tubuh  2,7kg hingga 3,1kg.

Kesimpulan dalam penelitian ini, seperti dilansir dari situs Men’s Health adalah tidak perduli darimana asal kalori kita apakah dari protein atau lemak, bila kita makan berlebih maka lemak di tubuh juga akan bertambah.

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge