0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Menderita Kista, Ciho Nekad Mencuri untuk Berobat

Ciho, tersangka kasus pencurian (tengah) diamankan di kantor polisi beserta sejumlah barang bukti berupa motor, bronjong dan besi hasil curiannya. (dok.timlo.net/iwan dwi wahyu)

Solo — Menderita penyakit kista yang kronis membuat bapak 3 anak nekat mencuri potongan besi di sebuah masjid. Katanya, uang hasil kejahatan mau dipakai untuk berobat.

Tandiyo Eko Budi alias Ciho (35) warga Wonowoso RT 05, RW XII, Mojosongo, Jebres, Solo nampak kesakitan dan memegangi perut bagian kanannya saat menjalani pemeriksaan di Mapolsek Banjarsari, Sabtu (18/1) pagi.

Laki-laki yang sehari-hari menjadi tukang parkir di wilayah Nusukan ini harus menjalani hari-harinya di dinginya sel Mapolsek Banjarsari lantaran tertangkap basah melakukan tindak pencurian di Masjid Baiturohman, Sekip, RT 04/RW VIII, Kadipiro, Banjarsari, Selasa (15/1) sekitar pukul 04.30 WIB.

Aksi pencurian yang dilakukan Ciho dipergoki oleh Sumito, warga setempat, yang saat itu pulang dari sholat Subuh di Masjid Baiturohman. Curiga dengan gelagat pelaku yang saat itu berada tak jauh dari Masjid. Sumito akhirnya bersama beberapa jamaah langsung mendatangi pelaku.

Alhasil mereka mendapatkan pelaku sedang membawa satu potongan besi ukuran besar yang diangkut menggunakan bronjong dengan sepeda motor. Berbekal itulah, Sumito lantas melaporkan kejadian tersebut ke Polsek setempat dan mengamankan pelaku.

“Pelaku saat itu langsung kita amankan bersama barang bukti yakni tiga potonga besi dengan ukuran sedang yang diperkirakan jika dijual dengan harga Rp 2 Juta, dan bronjong serta sepeda motor milik pelaku yang dijadikan untuk mengangkut hasil curianya tersebut,” ujar Kanit reskrim Banjarsari AKP Edy Hartono mewakili Kapolsek Banjarsari Kompol Adhika Bayu Adhitama kepada wartawan, Sabtu (19/1).

Pelaku dijerat dengan pasal 362 KUHP tentang Tindak Pidana Pencurian dengan ancaman hukuman maksimal selama lima tahun penjara.

Sementara, kepada wartawan, pelaku mengaku dirinya nekat melakukan pencurian lantaran butuh biaya untuk pengobatan penyakit kista yang dideritanya sejak setahun terakhir.

“Ya rencanaya kalau itu tidak ketahuan hasil dari penjualannya akan saya gunakan untuk berobat mas,” kata Ciho yang pernah masuk penjara karena kasus penganiayaan pada 2012 lalu.



Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge