0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Dia! Usul Google Soal Pengganti Password

Halaman awal situs Google. (Dok:Timlo.net/Google.com)

Timlo.net — Sekarang ini,  akun online, baik email hingga jejaring sosial bisa dibobol oleh hacker. Entah orang tersebut orang biasa maupun selebriti terkenal. Dan hal ini dikarenakan banyak hal misalnya mereka memilih password yang terlalu lemah, password mereka dicuri dan faktor lain.

Oleh karena itu Google menyatakan password tidak lagi bisa menjadi solusi terbaik untuk keamanan data online. “Kami berpendapat bahwa masalah keamanan dan kegunaan adalah masalah yang bandel,” tulis Eric Grosse dan Mayank Upadhyay dari Google dalam sebuah artikel yang dipublikasikan bulan ini di IEEE Security & Privacy.

“Sekarang adalah waktunya untuk mengembangkan peraturan soal password dan melihat sesuatu yang lebih baik,” tambahnya.

Salah satu idenya adalah sebuah cincin yang menegaskan identitas seorang pengguna.

Seperti dilaporkan kali pertama oleh Wired, dikutip CNET.com bahwa solusi Google akan melibatkan hardware. Google sendiri telah membuat sebuah perbedaan signifikan dengan verifikasi dua langkah mereka. Verifikasi dua langkah ini menggabungkan sesuatu yang sang pengguna tahu (password) dengan sesuatu yang dimiliki pengguna (sebuah kode yang digunakan untuk satu kali masuk, di kirim ke sebuah smartphone yang dihubungkan ke akun tersebut). Artikel tersebut berkata bahwa jutaan orang sudah mulai menggunakan dua langkah verifikasi tersebut dan merupakan salah satu layanan terbesar saat ini.

Tapi proses ini juga merepotkan. Kepala keamanan Google, Groose dan seorang insinyur Google, Upadhyay berkata “tidak semua pengguna kami terlindungi” dengan verifikasi dua langkah ini. Dalam artikel tersebut mereka mengusulkan sebuah alternatif berupa sebuah token USB yang ditancapkan ke port USB komputer.

Tapi diakui mereka bahwa akan sulit bagi perusahaan tersebut untuk membujuk orang membeli token USB dan orang akan memilih sesuatu yang bisa mereka bawa kemana-mana seperti smartphone atau perhiasan. Jadi kira-kira barang apa yang bisa kita pakai sebagai token pengganti password di masa depan?



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge