0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Dia, Aneka Manfaat Donor Darah

dr Judo Yustanto, dokter umum Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surakarta (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Beberapa orang beranggapan bahwa mendonorkan darah dapat membuat kondisi tubuh menjadi lemas. Pendapat tersebut adalah salah, bahkan sebaliknya. Saat kita mendonorkan darah, maka tubuh akan bereaksi langsung dengan membuat pengganti darah yang baru, sehingga kita akan terhindar dari kekurangan darah.

Dokter umum Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surakarta, dr Judo Yustanto menjelaskan, dengan melakukan donor darah, maka darah yang diambil dari tubuh pastilah akan bermanfaat bagi yang membutuhkan. Namun, dibalik itu dengan mendonorkan darah, berarti pula pendonor juga terjaga kesehatannya.

“Jelas terjaga kalau dia rutin donor, pastilah ada pemeriksaan sebelum dilakukan pengambilan darah, jadi bisa dikatakan dia juga memeriksakan kesehatannya,” ujar dr Judo saat ditemui wartawan di sela-sela acara donor darah di Solo Paragon Hotel, Jumat (18/1).

Ditambahkan, ada beberapa manfaat saat seseorang menjadi pendonor darah. Di antaranya menjaga kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah, dapat menjadi program penurunan berat badan, mendeteksi adanya penyakit dalam tubuh dan memiliki nilai sosial yang sangat tinggi.

“Sebenarnya kalau dikaji lebih jauh masih banyak keuntungan yang diperoleh sebagai pendonor darah. Selain dapat menyehatkan tubuh dan menghindarkannya dari berbagai macam penyakit juga mempunyai nilai sosial yang sangat tinggi, karena mendonorkan darah adalah salah satu perbuatan mulia menolong orang lain dan akan berefek positif terhadap psikologis kita,” pungkasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge