0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pertengahan Februari 2013

Youth Urban Forum Solo Gelar “Save Kali Pepe”

Kelas Akber Solo ke-45 "Green Map & Save Kali Pepe" (Dok:Timlo.net/Ranu Ario)

Solo — Menjelang peringatan Hari Jadi Kota Solo ke-268, yaitu pada 17 Februari 2013, Youth Urban Forum Solo bekerja sama dengan beberapa komunitas di Kota Solo akan menggelar kegiatan untuk membersihkan Kali Pepe. Acara ini merupakan bagian dari gerakan “Save Kali Pepe” yang bersifat jangka panjang. Hal ini diungkapkan Sessario Bayu dalam kelas AkBer (Akademi Berbagi) Solo ke-45 “Green Map & Save Kali Pepe”, Jumat (18/1) di Jalan Sam Ratulangi, Gremet, Solo.

Gerakan “Save Kali Pepe” ini sendiri terinspirasi dari proyek penataan Kali Code yang digagas kelompok Pemerti Code di Kota Yogyakarta. Pada awalnya komunitas Youth Urban Forum Solo dan komunitas lain berdiskusi untuk mencari sebuah sungai yang strategis dan berpotensi seperti halnya Kali Code di Yogyakarta. Kemudian, mereka memutuskan untuk memilih Kali Pepe yang memang berada di pusat kota Solo. Ditambah lagi dengan adanya program pemerintah kota Solo yang ingin menjadikan Kali Pepe sebagai wisata air.

Mereka merasa bahwa sungai tersebut memiliki potensi tapi sayangnya dalam kondisi yang mengenaskan sementara di sisi lain mereka merasa bahwa program Pemkot Solo hanya sebatas wacana. Karena itu, komunitas-komunitas ini tergerak untuk melakukan sesuatu.

“Fokus kami saat ini adalah pada edukasi masyarakat di sekitar Kali Pepe supaya mereka lebih peduli terhadap lingkungan,” terang Sessario mewakili Youth Urban Forum Solo.

Gerakan ini sendiri baru mulai digagas sejak November 2012 lalu, dan menyadari kompleksnya masalah yang ada maka gerakan ini diharapkan menjadi gerakan jangka panjang yang bisa diadopsi oleh pihak terkait. Sementara untuk jangka pendek, gerakan “Save Kali Pepe” ini melakukan beberapa kegiatan seperti  workshop pemetaan hijau,  menonton film Anak Cinta Lingkungan (ACIL), pengenalan tentang kegiatan pengomposan adalah kegiatan yang akan dikenalkan pertama kali kepada generasi muda di sekitar Kali Pepe.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge