0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Provinsi DIS Diputuskan Tahun Ini

Maryanto Rojani, Direktur Pusadi (Pusat Advokasi Daerah Istimewa) (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri — Gonjang-ganjing Provinsi DIS (Daerah Istimewa Surakarta) bakal diketahui publik usai MK (Mahkamah Konstitusi) mengeluarkan keputusannya. Rencananya tahun ini keputusan sudah akan dikeluarkan.

Maryanto Rojani, Direktur Pusadi (Pusat Advokasi Daerah Istimewa) mengemukakan, sekitar akhir bulan ini, baru memasukkan permohonan uji materi ke MK. Obyek yang akan diuji adalah Undang-undang Nomor 10 Tahun 1950, tentang Pembentukan Provinsi Jateng.

“Di UU tersebut terkesan mencaplok Surakarta ke dalam Provinsi Jateng. Padahal sesuai kajian yang kami lakukan, berdasarkan runtutan sejarah, hal itu menyalahi. Bahkan, posisi Surakarta berada di atas Yogyakarta,” tutur Maryanto melalui sambungan telepon, Sabtu (19/1).

Ia yakin MK akan mengabulkan permohonan uji materi itu. Dan Surakarta akan berdiri sendiri nantinya. Sehingga terbentuklah Provinsi DIS.

“Kami sudah menyiapkan formula saat nanti Provinsi terbentuk. Termasuk soal pimpinan daerah. Nanti berbeda dengan DIY, dimana gubernur tetap dipilih langsung, bukan serta-merta raja menjadi gubernur,” tandasnya.

Dihubungi secara terpisah, Ketua DPRD Wonogiri Wawan SN mengatakan, pihaknya akan menunggu perkembangan selanjutnya seputar wacana Provinsi DIS. ,Iia setuju dengan pemrosesan secara hukum (uji materi ke MK). Pasalnya bakal menjadikan biaya berlebih, saat ditempuh lewat ranah politik.

“Saya pribadi lebih setuju kalau melalui jalur hukum seperti ini. Kalau melalui jalan politik terlalu butuh biaya. Seperti buat dana sosialisasi, diskusi, dan presentasi,” terang Wawan.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge