0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Musim Hujan, Warga Diminta Waspadai Flu Burung

Kabid Kesehatan Hewan Disnakkan Sragen, Mulyani. (dok.timlo.net/agung)

Sragen — Dinas Perikanan dan Peternakan (Disnakkan) Sragen mengimbau masyarakat waspada terhadap penyebaran virus Avian Influenza (AI) atau flu burung pada musim penghujan sekarang ini. Karena virus ini dapat berkembang dengan cepat pada kondisi lembab.

Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan Disnakkan Sragen, Mulyani, Jumat (18/1) mengatakan, untuk mengantisipasi serangan AI pada unggas pada tahun 2013 ini pihaknya akan menggalakkan bio security atau penyemprotan disinfektan. Mulyani juga meminta agar warga waspada terhadap penyakit unggas selain AI, seperti antraks, ngorok, tetelo dan sebagainya.

Untuk itu, katanya, warga pemilik unggas harus rajin membersihkan kandang dengan menyemprot menggunakan disinfektan, tidak mencampur unggas yang beda jenis dan memperhatikan fentilasi udara dalam kandang.

“Dan yang pasti segera lapor jika ada unggas yang sakit. Selain itu jangan menjadikan unggas yang mati mendadak sebagai pakan hewan lain,” terang Mulyani kepada wartawan.

Mulyani mengimbau pemilik unggas waspada penyebaran AI terutama pada musim penghujan. Virus AI berkembang biak cepat saat penghujan. Untuk mengantisipasi penyebaran AI, pihaknya juga akan meningkatkan pengawasan terhadap kandang unggas yang ada di 5 kecamatan Kabupaten Sragen, yakni Kecamatan Masaran, Sidoharjo, Kedawung, Tanon dan Kecamatan Miri. Kelima kecamatan tersebut dari pantauan Disnakkan perkembangan populasi unggas lebih besar daripada kecamatan lainnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge