0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Berikan Duit Caleg Kalah

Hanura dan PDIP Ogah Ikuti Langkah PAN

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Hanura Solo, Abdullah AA (dok.timlo.net/daryono)

Solo – Rencana Partai Amanat Nasional (PAN) yang akan memberikan kompensasi kepada calon legislatife (caleg) mendapat tanggapan miring sejumlah parpol di Solo. Parpol-parpol itu menganggap apa yang bakal dilakukan PAN merupakan bentuk politik transaksional.

Seperti diberitakan sebelumnya, Rabu (13/1), Partai Amanat Nasional (PAN) mewacanakan akan memberi uang Rp 15.000 per suara pada anggotanya yang kalah dalam Pileg 2014 nanti.

“Kami jelas tidak akan mengikuti model PAN yang akan memberi uang Rp 15.000 per suara pada kadernya bila kalah tak terpilih dalam Pileg,” ujar Ketua DPC Partai Hanura Solo, Abdullah AA, Jumat (18/1) di ruang kerjanya.

Diungkapkan Abdullah, model yang ditempuh PAN memberi uang pada kadernya ketika kalah dalam Pileg dapat dikategorikan politik transaksional. Menurutnya, apa yang dilakukan PAN menunjukkan pendididikan kepartaian tidak berjalan. “Menurut saya kalau seperti itu diterapkan di Indonesia ‘kan itu menunjukkan pendidikan politik ditingkat partai tidak berjalan dengan baik,” ujarnya.

Partainya, sambung Abdullah tetap berpijak pada pelatihan kader partai hingga ke tingkat akar rumput. “Meskipun tujuan memberi uang pada kader partai yang kalah nyaleg itu bagus, tapi tidak kuat sampai ke tingkat akar rumput. Lebih baik kami akan memberi pelatihan. Perkara nanti kalau atau menang nyaleg, itu bukan urusan ketua partai lokal,” ujar Abdullah.

Ditemui terpisah, Wakil Ketua Bidang Keanggotaan dan Rekruitmen DPC PDIP Solo, YF Sukasno menyatakan pihaknya tidak sepakat memberikan uang kekalahan pada anggota partai politik yang bertarung maju pada Pileg 2014 nanti. Meski demikian, ujar Sukasno, dirinya tidak akan berkomentar banyak menanggapi wacana partai lain.

“Setiap partai politik memiliki strategi lain. Itu urusan mereka. Tapi yang jelas PDIP tidak akan memberikan uang kekalahan pada anggota partai yang maju menjadi caleg,” ujarnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge