0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Inspektorat Siap Usut SMS Marmut

Kepala Inspektur Kantor Inspektorat Daerah Solo, Untara (dok.timlo.net/dhefi)

Solo – Inspektorat Solo mengaku siap menerjunkan tim guna menelusuri dugaan adanya makelar mutasi (marmot) menjelang pengisian jabatan di linkungan Pemkot Solo. Selain itu, Inspektorat juga melakukan upaya pencegahan agar proses pengisian jabatan bebas dari marmut.

Kepala Inspektorat Solo, Untara mengatakan pihaknya akan langsung menindaklanjuti jika memang ada penyimpangan. “Kalau memang ada penyimpangan kami akan tindak lanjuti. Kami harus berdiri di depan rambu-rambu yang ada. Kalau memang ada kami berupaya mencegah agar jangan masuk,” katanya kepada wartawan di DPRD Solo, Jumat (18/1).

Diterangkan Untara, sesuai aturan yang ada, seorang PNS naik golongan setiap empat tahun sekali. Hanya saja, hal itu tidak berlaku untuk kenaikan jabatan. Pasalnya, kenaikan jabatan harus melewati mekanisme penilaian oleh tim dalam hal ini badan pertimbangan jabatan dan kepangkatan (Baperjakat). “Pegawai empat tahun sekali itu bisa naik jabatan. Tetapi, itu tidak bisa langsung, karena harus ada penilaian. Kalau tidak memenuhi ya tentu tidak dapat naik jabatan,” bebernya.

Soal sms yang menawarkan jabatan, Untara mengaku belum menerima laporan. Hanya saja pihaknya akan bergerak meskipun belum ada laporan. “Saya sendiri belum tahu SMSnya seperti apa, karena juga tidak di-forwardkan ke saya. Namun, tanpa ada laporan pun, kami akan bergerak,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi I DPRD Solo, Dedy Purnomo, menilai perlunya penelusuran oleh BKD atau Inspektorat atas sms marmut yang beredar jika pengirimnya jelas. Hal itu dilakukan agar polemik beredarnya marmut tak menjadi terulang. “Kalau jelas siapa pengirim pesan singkat itu, alangkah baiknya kalau itu dirunut agar tidak memunculkan polemik seperti saat ini. Ya itu menjadi tugas dari BKD apakah nantinya pengirim pesan singkat itu mendapat sanksi ataupun pembinaan,” papar dia.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge