0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

DPRD Usulkan Audit Independen

Banyak Proyek Pemkot Solo Tak Tepat Waktu

Wakil Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPRD Solo, Supriyanto (Dok.Timo.net/Daryono)

Solo — Jajaran DPRD Solo menilai proyek fisik 2012 yang dijalankan Pemkot Solo banyak yang tidak tepat waktu dan diduga tidak sesuai spek. Oleh karenanya, kalangan Dewan mengusulkan adanya audit independen atas proyek fisik di 2012.

Wakil Ketua DPRD Solo, Supriyanto mengatakan audit independen itu diusulkan kepada seluruh proyek fisik di 2012. “Kami mengusulkan audit independen. Sebab nantinya, hasil audit tersebut menjadi dasar evaluasi kita,” ungkap Supriyanto ketika ditemui di kantor DPRD. Solo, Jum’at (18/1).

Menurut Supriyanto, proyek fisik 2012 banyak yang tidak selesai tepat waktu sesuai batas waktu kontrak. Selain itu, diduga banyak yang tidak sesuai spek dan Detail Enginering Design (DED). “Lihat saja Galabo ya seperti itu, pasar juga tidak tepat waktu, sekolah dan kelurahan juga sama. Padahal total anggaran proyek fisik mencapai Rp 200 miliar,” ungkapnya.

Jika nanti realisasikan, maka audit independen itu menjadi yang pertama. Pasalnya, selama ini belum ada audit independen atas proyek fisik. “Kalau dibiarkan, besok rusak lagi dibiarkan. Kalau seperti itu kapan baiknya,” tegasnya.

Senada, anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD, Umar Hasyim menyatakan audit independen perlu untuk dilakukan. “Itu perlu sekali, soalnya banyak proyek fisik yang luput, target waktu juga banyak meleset,” ujarnya.

Dikatakan, jika Pemkot memang benar-benat menerapkan transparansi maka jangan nanggung-nanggung.”Kalau transparansi jangan tanggung-tanggung. Dengan diaudit semuanya menjadi enak. Tidak ada kecurigaan, Pemkot enak, masyarakat enak,” urainya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge