0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sayur dan Buah Membuat Orang Lebih Optimistis

Sayuran. (Dok:Timlo.net/ Google Images)

Timlo.net — Mereka yang makan banyak sayur dan buah cenderung lebih optimistis tentang masa depan mereka, demikianlah hasil penelitian baru.

Para peneliti telah menemukan bahwa orang optimistis memiliki senyawa tanaman yang disebut carotenoid dalam jumlah tinggi di dalam darah mereka.

Carotenoid yang umumnya dikenal orang adalah beta-carotene, sebuah pigmen yang ditemukan dalam buah dan sayuran berwarna oranye dan sayuran berdaun hijau.

“Orang yang memiliki optimisme tinggi cenderung memiliki carotenoid dalam jumlah tinggi seperti beta-carotene,” kata pemimpin dalam penelitian ini Julia Boehm, dari jurusan Public Health, Universitas Harvard, Amerika Serikat (AS).

Penelitian ini adalah penelitian pertama yang meneliti hubungan antara optimisme dan jumlah carotenoid dalam darah dan diterbitkan dalam jurnal Psychosomatic Medicine. Para peserta penelitian diminta mengisi kuesioner tentang sikap hidup mereka dan diminta juga contoh darah mereka.

Para peneliti menemukan bahwa mereka yang optimis memiliki peningkatan kandungan carotenoid dalam darah sebesar 13 persen dibandingkan mereka yang kurang optimis.

Para peneliti menyimpulkan bahwa hal ini mungkin dikarenakan kandungan antioksidan dalam carotenoid yang memang bermanfaat untuk mengurangi stress.

Sumber: Daily Mail.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge