0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dana Galabo Rp 400 Juta Harus Dikembalikan ke Kasda

Sidak anggota DPRD Solo ke Galabo, Kamis (17/1). (Dok.Timlo.net/ Achmad Khalik)

Solo — Polemik pembangunan pusat kuliner Gladak Langen Bogan (Galabo) terus bergulir. Kalangan DPRD Solo meminta anggaran Rp 400 juta yang seharusnya untuk pengadaan fasilitas Galabo dikembalikan ke kas daerah (Kasda).

Pasalnya, dalam inspeksi mendadak (Sidak) yang dilakukan Wakil Ketua DPRD Supriyanto, Kamis (17/1) di Galabo, diduga anggaran Rp 400 juta itu tidak direalisasikan. Padahal anggaran tersebut telah dianggarakan di APBD Perubahan 2012 yang seharusnya direalisasikan sebelum 28 Desember 2012.

Wakil Ketua DPRD Solo, Muhammad Rodhi mengatakan, jika benar anggaran tersebut belum direalisasikan maka harus kembali ke kas daerah. “Meskipun meja dan kursinya sudah pesan, misalnya, tetap saja anggarannya harus kembali ke kas daerah karena realisasinya belum dilakukan. Soal nanti siapa yang membayar pesanan itu, ya itu urusan pengguna anggaran,” katanya kepada Timlo.net, Jumat (18/1).

Sementara,Wakil Ketua DPRD Supriyanto menegaskan, di APBD 2013 tidak ada pengajuan kembali untuk anggaran serupa. “Nggak ada pengajuan kembali, artinya anggaran itu harusnya direalisasikan di 2012,” terangnya.

Lebih lanjut, Supriyanto menjelaskan, anggaran senilai Rp 214 juta untuk pengadaan meja dan kursi, sedangkan Rp 197 juta sisanya dialokasikan untuk pengadaan gerobak. “Dari keterangan Kepala UPTD Kawasan Kuliner Agus Siswuryanto, anggaran tersebut hingga kini belum digunakan. Katanya saat ini masih dalam proses lelang. Tetapi juga dijelaskan sudah ada pengadaan gerobak Galabo sebanyak 13 unit. Tetapi kami tidak melihat barang tersebut ada di Galabo,” ungkapnya.

Menurut Supriyanto, dengan belum adanya gerobak maka sebagian pedagang menyiapkan gerobak dan peralatan lainnya secara swadaya. “Ya mau bagaimana lagi, karena harus segera berjualan ya terpaksa mempersiapkan sendiri,” tuturnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge