0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Angkat Dari Sisi Feminim

Rectoverso di Tangan Lima Sutradara Perempuan

Rectoverso
Artis pendukung dan sutradara film Rectoverso (Dok: Timlo.net/Mint)

Solo — Proyek film yang menyomot cerita dari buku Rectoverso ini akan membungkus cerita romantis dengan mengangkat sisi dari cinta tak terucap. Dibalik karya cinematografi yang direncanakan akan tayang pada 14 Februari mendatang ternyata digarap langsung oleh lima sutradara perempuan yang masing-masing memiliki pengalaman dan wajahnya juga tak asing di dunia seni peran.

Kelima sutradara yang terpilih untuk menggarap project ini adalah Marcella Zalianty, Olga Lydia, Chaty Sharon, Rachel Maryam dan Happy Salma. Marcella mengaku, sebelum diproduksinya film itu, kelima sutradara tersebut mengikuti mini workshop bersama Eros Jarot dari pembuatan naskah sampai proses terbungkusnya karya itu menjadi film.

“Pemilihan sutradara ini melalui proses yang sangat panjang meskipun masih baru. Namun dari hasil diskusi dengan mereka terlihat bahwa masing-masing mempunyai konsep visualisasi yang kuat guna menambah dan memperkuat cerita,” kata ibunda Kana Mahatma Soeprapto usai mengisi workshop  korek film Rectoverso di FISIP Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Sabtu (12/1) kemarin.

Hal senada juga dikatakan Rachel Maryam yang menyutradarai salah satu film yang berjudul Firasat. Membuat karya cinematografi bukanlah hal yang mudah, pasalnya selama ini dirinya hanya sebagai pelaku yang memainkan sebuah cerita. Ditengah kesibukannya sebagai anggota legislatif Rachel enggan untuk melewatkan kesempatan yang ditawarkan oleh Marcella.

”Ini merupakan tantangan tersendiri bagi saya. Meskipun ini pengalaman pertama saya bekerja di belakang layar namun saya merasa nyaman bekerja bersama teman dan sahabat saya. Terlebih ceritanya yang berkualitas,” ungkap anggota DPRD dari Partai Gerindra ini.

Sementara itu karya sastra jenius yang digarap oleh sastrawan muda Dee ini melahirkan cerita yang unik dan reputasi yang kuat di kalangan pecinta karya sastra Indonesia, menjadi salah satu daya tarik bagi Olga Lydia untuk ambil bagian menyutradarai satu film yang berjudul Curhat Buat sahabat. Dirinya merasa tertantang untuk memvisualisasikan aoa yang sudah dibaca oleh jutaan pembaca buku ini.”Di setiap karya Dee konsepnya sangat kuat, jadi saya merasa tertantang untuk belajar menjadi sutradara,”imbuhnya.

Film yang kuat akan sisi feminisme ini juga melibatkan sederet aktor dan aktris yang tak asing lagi di telinga masyarakat. Seperti halnya Lukman Sardi, Prisia Nasution, Dewi Irawan, Widyawati, Tio Pakusadewo, Asmirandah, Dwi Sasono, Indra Birowo, Amanda Ghea Sukasah, Hamish Daud, Sophia Latjuba dan masih banyak lagi.

Tak tanggung-tanggu untuk mendobrak popularitas film ini juga merilis album soundtrack  yang dinyanyikan oleh Glenn Fredly, Dira Sugandi, Drew, Acha Septriasa& Tohpati, dan Raisa



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge