0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Investor Jepang Tertarik Olah Air di Wonogiri

Investor Jepang didampingi Bupati Wonogiri, Kamis (17/1). (Dok.Timlo.net/ Aris Arianto)

Wonogiri — Kamis (17/1), belasan staf dari Kementerian Kesehatan dan Tenaga Kerja Jepang berkunjung ke Wonogiri. Mereka tertarik menjajagi kemungkinan kerjasama di bidang pengolahan air minum dan industri pipa.

Rombongan dari Negeri Samurai itu dipimpin Yoshinawa. Kedatangan mereka langsung diterima petinggi Pemkab Wonogiri. Tak menunggu terlalu lama, rombongan segera mengutarakan keinginan mereka yang telah lama terpendam.

Yoshinawa  mengatakan, wilayah Wonogiri sangat potensial untuk pengembangan industri pengolahan air minum. Hal ini didukung keberadaan WGM (Waduk Gajah Mungkur) yang diprediksinya mampu menyuplai kebutuhan air minum bagi wilayah Surakarta.

Pihaknya mengaku telah memiliki pengalaman menangani hal serupa di negara asalnya. Dan ditambah teknologi yang disebutnya maju, bukan hal mustahil seandainya kerjasama bisa terwujud.

Lantaran itulah, dirinya minta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri bersedia memberikan izin penelitian dan cek lokasi bagi kemungkinan perwujudan kerjasama.

Menanggapi itu, Bupati Wonogiri Danar Rahmanto merasa ada gayung bersambut dari program Wonogiri Pro-Investasi. Bupati muda itu lantas menjanjikan, bakal memberikan kemudahan bagi terwujudnya kerjasama itu. Apalagi, tak hanya masyarakat Kota Sukses saja yang nantinya menikmati.

“Kendala utamanya adalah laju sedimentasi di WGM. Tingkatannya sangat cepat, menjadikan waduk semakin dangkal, ada air sedikit waduk cepat penuh. Jadi kami mohon agar ikut memperhatikan. Soal kerjasama, jika untuk masyarakat, lebih-lebih bagi daerah lain pula, kami pasti mendukung,” tutur Danar.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge