0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Penggunaan Kartu Jamkesmas Tunggu Instruksi Pusat

Kepala Bidang Promosi Kesehatan DKK Sragen, Fanny Fandani (dok.timlo.net/agung)

Sragen — Kepala Bidang Promosi Kesehatan (Promkes) Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sragen, Fanny Fandani menyatakan, Kartu Jamkesmas yang dibagikan pada tahun 2012 lalu memang belum dapat digunakan. Penggunaan kartu masih menunggu instruksi dan petunjuk dari pemerintah pusat yang hingga kini belum turun.

Hal tersebut disampaikan Fanny, menanggapi ditolaknya Kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) di beberapa Puskesmas di Kabupaten Sragen. “Saat ini Kartu Jamkesmas 2013 masih dalam proses distribusi kepada masyarkat, namun hingga kini kartu tersebut belum dapat digunakan karena masih menunggu instruksi dari pusat”, terang  Fanny.

Namun, bagi warga yang ingin mendapatkan pelayanan gratis di Puskesmas bisa menggunakan Kartu Jamkesmas tahun 2008 atau mencari Kartu Saraswati di Kantor Unit Pelaksana Teknis Penanggulangan Kemiskinan (UPTPK) Kabupaten Sragen.

Jamkesmas merupakan program dari pemerintah pusat berupa penjaminan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat miskin dan tidak mampu dengan menggunakan prinsip asuransi kesehatan sosial. Program ini dimulai pada tahun 2005 dengan nama Askeskin hingga tahun 2007. Dan mulai tahun 2008 hingga sekarang berubah nama menjadi program Jamkesmas.

Di kabupaten Sragen sendiri untuk pelayanan tahun 2013 telah dibagikan 307.864 kartu Jamkesmas pada akhir 2012 lalu. Namun, kartu tersebut untuk sementara belum dapat digunakan. Warga yang menginginkan pengobatan gratis dapat menggunakan kartu Jamkesmas tahun 2008 atau mengurus kartu Saraswati di kantor Kecamatan atau UPTPK.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge