0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ketua Komisi I DPRD Solo: Marmut Hanya Rumor

Solo —  Komisi I DPRD Solo meminta rumor adanya makelar mutasi (Marmut) dikesampingkan. Komisi I mengaku, praktek Marmut tidak ada dan hanya rumor belaka menjelang mutasi jabatan di Pemkot Solo.

Hal itu disampaikan jajaran Komisi I usai melakukan rapat membahas dugaan Marmut dengan Kepala BKD Solo Etty Reynowati di ruang Komisi I, Kamis (17/1). Komisi I juga meminta masyarakat dan media ikut mengawasi jika memang ada kejanggalan-kejanggalan dalam pengisian jabatan.

Ketua Komisi I DPRD Solo, Maryuwono mengatakan mekanisme pengisian jabatan di lingkungan Pemkot Solo sudah sesuai prosedur. Sampai saat ini pihaknya belum menerima laporan perihal kejanggalan dalam pengisian jabatan. ” Jika ada kejanggalan, laporkan saja ke kami. Akan kami tindaklanjuti, tentunya dengan bukti-bukti,” ujarnya.

Diungkapkan Maryuwono, mekanisme pengisian jabatan dilakukan oleh Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) dimana Sekda sebagai Ketua, Kepala BKD dan Inspektorat sebagai anggota. Dalam hal ini jika ada suatu posisi yang lowong, Baperjakat menyampaikan tiga calon untuk mengisi jabatan itu.

“Baperjakat hanya menyampaikan bahwa ketiga calon ini layak untuk mengisi suatu jabatan, meskipun kemudian Walikota yang memilih nantinya,” terangnya.

Disinggung soal Marmut, Maryuwono menyatakan bahwa hal itu tidak ada. “Jika ada SMS yang menawarkan jabatan atau kalimat lain soal itu sebaiknya hal itu tidak usah ditanggapi,” ujarnya.

Soal lompat jabatan, lagi-lagi Maryuwono menepis hal itu. “Tidak ada lompatan jabatan. Prinsipnya, satu tingkat dibawah boleh untuk dipromosikan, tetapi dua tingkat di bawah tidak boleh,” katanya.

Disinggung soal pengawassan, politisi PDIP ini meminta masyarakat untuk ikut mengawasi. “Silahkan masyarakat dan media ikut mengawasi,” tukasnya.

Sementara, saat dicegat usai rapat dengan Komisi I DPRD, Kepala BKD Solo Etty Retnowati enggan berkomentar. “Sudah saya sampaikan ke Pak Mariyuwono (Ketua Komisi I). Tanya Pak Maryuwono aja,” ucapnya sembari masuk kedalam mobil dinasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge