0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mengingat Status Facebook Lebih Mudah dari Tulisan Buku

Halaman awal situs Facebook. (Dok:Timlo.net/Facebook.com)

Timlo.net — Orang kelihatannya lebih mudah mengingat update status di Facebook daripada kalimat dari buku atau foto wajah. Begitulah kesimpulan utama sebuah penelitian “Major Memory for Microblogs,” yang dilakukan oleh para psikologis di Universitas Warwick, UK.

Situs Wired melaporkan bahwa Laura Mikes dan timnya mengambil 200 update status Facebook, melucutinya dari konteks yang ada dan menunjukkan kepada 32 peserta bersama dengan 200 kalimat dari buku fiksi dan non-fiksi yang diambil di luar konteksnya.

Para peserta ditunjukkan kalimat-kalimat tersebut  dalam sebuah layar, secara singkat, dan diberikan pilihan untuk berkata bila salah satu dari kalimat itu sudah pernah ditampilkan sebelumnya dalam penelitian itu.

Kesimpulannya orang cenderung lebih mudah mengingat sebuah kalimat dari status Facebook daripada sebuah kalimat yang diambil dari sebuah buku. Sementara saat dalam penelitian lain, kalimat diganti dengan foto wajah manusia dan dibandingkan dengan status Facebook. Ternyata orang masih tetap lebih mudah mengingat status yang ditulis di jejaring sosial tersebut.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge