0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Menteri Sosial Bedah Kampung Bangsri Sukoharjo

Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri saat peletakan batu pertama mengawali program Bedah Rumah di Kampung Bangsri, Desa Kriwen, Sukoharjo (Dok. Timlo.net/ Sahid)

Sukoharjo — Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri menyerahkan bantuan senilai total Rp 2,98 miliar kepada warga Sukoharjo, Kamis (17/1). Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis di Dukuh Bangsri Gede, Desa Kriwen, Kecamatan Sukoharjo Kota, bersamaan dengan diawalinya program bedah kampung dengan merehab 130 rumah tidak layak huni yang ada di Kampung Bangsri, Desa Kriwen.

Bantuan senilai total Rp 2,98 milliar tersebut, terdiri dari bantuan bedah rehab rumah tidak layak huni, sarana lingkungan dan bantuan untuk kelompok usaha bersama (Kube). Diwilayah perkotaan, bantuan diberikan diantaranya bedah rehab rumah tidak layak huni kepada 130 kk di Desa Kriwen yang masing-masing mendapatkan Rp 10 juta, bantuan sarana keliling (Sarling) 2 unit senilai masing-masing Rp 50 juta dan 13 Kelompok Usaha Bersama (Kube) masing-masing Rp 20 juta.

Sementara itu, untuk wilayah pedesaan, Menteri Sosial juga memberikan bantuan bedah rehab rumah tidak layak huni kepada 100 kk di Desa Kayu Apak dan Mranggen Kecamatan Polokarto dengan nominal masing-masing Rp 10 juta, 2 unit sarana lingkungan masing-masing Rp 50 juta dan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) kepada 10 kube masing-masing senilai Rp 20 juta.

“Program bantuan bedah rumah ini merupakan program berkelanjutan. Tentunya sesuai dana yang kita miliki dari himpunan dana sosial yang dihimpun. Kita maknai bahwa melalui rumah dapat membangun semangat kesetiakawanan sosial nasional, membangun dan mempererat hubungan dan silaturahmi antar bangsa, kelompok, agama dan suku,” ujar Salim Segaf Al Jufri, usai peletakan batu pertama di Dukuh Bangsri.

Mensos mengatakan, respon dunia usaha di Indonesia dalam gerakan sosial mulai meningkat. Diharapkan, semangat kesetiakawanan sosial terus dipertahankan dan memotivasi masyarakat yang lain untuk turut membantu dalam gerakan sosial.

“Respon usaha saat ini cukup bagus. Bahkan dunia perbankan juga mulai tergugah. Silakan untuk kegiatan sosial melakukan yang terbaik untuk masyarakat. Tahun 2013 ini kita targetkan dapat merehab 100 ribu rumah. Padahal anggaran yang dimiliki hanya untuk 15 ribu. Nah ini diharapkan dapat menjadikan semangat dan motivasi kelompok masyarakat maupun dunia usaha untuk bergerak,” ungkap Menteri Sosial.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge