0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Cuaca Ekstrem, Produksi Durian Karanganyar Menurun

Durian Karanganyar (dok.timlo.net/nanang rahardian)

Karanganyar – Cuaca yang tidak menentu akhir-akhir ini ternyata berpengaruh pada produksi durian Karanganyar. Hasil panen tahun ini merosot tajam dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Kepala Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Karanganyar Siti Maesaroh, Rabu (16/1) mengatakan untuk musim panen durian sekarang ini memang tidak banyak seperti tahun lalu. Hal ini salah satunya disebabkan karena ketika durian pada musim bunga terlalu banyak mendapat sinar matahari, akibatnya banyak yang tidak bisa jadi buah durian.

Ia mengatakan untuk di daerah Kabupaten Karanganyar sampai saat ini ada sekitar 190 ribu pohon durian yang hampir semuanya telah produksi atau berbuah. “Produksi buah durian pada musim panen tahun 2012 bisa mencapai sekitar 220 ribu ton dalam satu tahunnya, tetapi sekarang ini menurun tinggal sekitar 60 ribu sampai 70 ribu ton saja,” jelasnya.

Menyinggung pengembangan durian dengan bibit unggul, Siti mengatakan pihaknya beserta dengan masyarakat juga telah mengembangkan durian montong di daerah Mojogedang. “Masyarakat di Mojogedang juga sudah mencoba di lahannya masing-masing menanam durian montong , tetapi sekarang ini masih belum panen dan diperkirakan pada bulan Mei baru panen,” katanya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge