0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pembangunan Taman Pasar Depok Dilelang Februari

Proyek pembangunan Pasar Depok (dok.timlo.net/daryono)

Solo – Pembangunan bekas makam Depok, Manahan, Solo menjadi perluasan Pasar Depok segera dilakukan. Pemkot akan melakukan lelang pengerjaan proyek taman tersebut pada Februari mendatang.

Kepala Dinas Pengelolaan Pasar (DPP) Kota Solo Subagyo menjelaskan, pada lahan bekas makam tersebut akan dijadikan taman pasar yang memiliki multi fungsi. “Selain dibangun taman juga akan dibuatkan tiang-tiang pancang sangkar burung untuk kebutuhan lomba atau turnamen. Selain itu kami berikan space buat pedagang oprokan yang datang pergi,” katanya kepada wartawan, Rabu (16/1).

Ia mengharapkan, setelah proses lelang berjalan, pengerjaan proyek bisa segera dilakukan. Alokasi anggaran senilai Rp 700 juta yang berasal dari APBD 2013 sudah disiapkan. Diperkirakan, pembangunan taman Pasar Depok akan selesai pada tahun ini.

Seiring dengan pembangunan pasar tersebut, nantinya diharapkan bisa menampung sejumlah pedagang oprokan burung dan unggas yang disinyalir terus bertambah. Dari data DPP tahun 2011 saja, jumlah pedagang oprokan disana sudah mencapai 120 pedagang. “Saya rasa jumlahnya terus bertambah. Tapi saat ini jumlah pastinya belum tahu, sebab pedagang oprokan itu datang dan pergi,” terangnya.

Sementara, bangunan utama Pasar Depok saat ini sudah selesai. Pasar terdiri dari dua lantai yang akan diisi oleh 350 pedagang. Penempatan Pedagang sendiri diatur dalam beberapa zona.

Untuk kios depan, diperuntukkan bagi pedagang pakan burung dan asesoris. Kios yang menghadap ke dalam, diperuntukkan bagi pedagang burung, asesoris dan sangkar burung. Sedangkan untuk los lantai bawah dan lantai atas, diperuntukkan bagi pedagang burung, unggas piaraan, hewan piaraan, reptil dan pedagang kuliner.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge